Panorama Kenalkan Wisata Muslim di Singapura

July 1st, 2015 / / Comments Off on Panorama Kenalkan Wisata Muslim di Singapura
Posted in Newsflash

 

Singapore Tourism Board bersama Majalah Panorama mengadakan acara buka puasa bersama bertajuk Fast-Breaking In Style di Locanda Food Voyager Jakarta pada 27 Juni 2015 yang dihadiri oleh travel blogger, pemenang lomba #OnlyInSG, pembaca setia, serta komunitas Get Lost Indonesia Family.

Acara ini merupakan kelanjutan dari edisi Mei-Juni 2015 Majalah Panorama yang memberikan bonus booklet panduan bagi pelancong Muslim yang ingin berwisata ke Singapura. Panduan yang  juga dapat diunduh gratis di www.panorama-magz.com ini berisi panduan tempat-tempat makan yang bersertifikasi halal beserta masjid yang ada di sekitar tempat wisata populer, tujuannya adalah untuk memperkenalkan Singapura sebagai Muslim-Friendly Country

 

Ke Singapura Gratis!

Dalam semangat berbagi informasi, maka pada 25 Mei hingga 25 Juni 2015 diadakan lomba di jejaring sosial Twitter @MajalahPanorama dengan hashtag #OnlyInSG. Tiap peserta, pengguna Twitter diajak untuk saling berbagi informasi tentang tempat-tempat makan yang bersertifikasi halal di Singapura.

Dari lebih 500 tweet yang masuk, tersaring 25 tweet rekomendasi terbaik, setelah melewati tahap penjurian, terpilih tiga pemenang yang beruntung adalah Rahma Manan dengan akun @solomusafir yang mendapatkan tiket AirAsia dengan rute Jakarta-Singapura-Jakarta. Kemudian Harry Jonathan (@hereharjo) dengan hadiah voucher menginap tiga hari dua malam di Village Hotel Katong, serta Fitri Yenti (@fitYen) yang mendapatkan travel bag Delsey persembahan Bag’s City. Masing-masing pemenang juga mendapat voucher belanja senilai 50 dolar Singapura persembahan Singapore Tourism Board.

Sementara itu dipilih juga 25 twit terbaik selama lomba ini berlangsung. Berikut adalah pemilik akun yang masuk dalam 25 twit terbaik: @solomusafir, @za_ka, @posithinkjoe, @hereharjo, @FitYen, @semangkasegar, @cswitharduink, @semangkasegar, @SuperMumun, @tesyasblog, @RadenAyuMI, @BackpackSeru,  ‏@rahmana1204, @itnarimuya , ‏@mutssu, @hesty_nr, @jengkecap , @KoperTraveler, @harrismaul , @d2119e7320ef46e, @BIPIMax , @kindeagle.


 

Banyak Rekomendasi

Selain mengumumkan pemenang dari lomba #OnlyInSG, dalam acara Fast-Breaking In Style turut hadir Arie Parikesit (pakar kuliner), Farchan Noor Rachman (travel blogger), serta Dayu Hatmanti (host program travel). Dalam talkshow yang dipandu oleh David Rindorindo, mereka semua sepakat bahwa menemukan tempat makan bersertifikasi halal di Singapura itu semudah melambaikan tangan.

Beberapa tips juga diutarakan oleh Arie Parikesit sebagai pakar kuliner. Menurutnya restoran atau tempat makan halal paling mudah dilihat dari sertifikasi atau piagam yang dikeluarkan oleh Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS). Tanpa harus bertanya kepada pramusaji, biasanya sertifikat ini akan dipajang di dekat pintu masuk atau di depan kasir, sehingga pengunjung dapat mudah melihatnya. Namun bila kesulitan atau baru pertama kali datang ke Singapura, bisa datang dan makan di kawasan Geylang Serai Food Centre, di mana terdapat Sinar Padang Bukittinggi dan Hajjah Mona Nasi Padang.

Sementara Farchan Noor Rachman sebagai seorang travel blogger telah menganggap Singapura sebagai rumah kedua serta lokasi yang banyak mendatangkan inspirasi. Selain kebersihan dan keteraturannya, Singapura merupakan pusat asimilasi budaya yang ada di Asia Tenggara, tak heran bila aneka kuliner dapat ditemukan di sini. Termasuk murtabak daging rusa, salah satu menu favorit yang dihidangkan oleh Zam Zam Singapore di Arab Street, Kampong Glam. Di kawasan ini juga banyak terdapat masjid sehingga tak sulit bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah salat.

Tak hanya rekomendasi kuliner, Dayu Hatmanti sebagai Miss Scuba Internasional 2011 yang beberapa kali menghadiri Asia Dive Expo (ADEX), pameran selam terbesar di Asia yang rutin diselenggarakan di Singapura, mengidolakan berbelanja di Mustafa Centre yang menjual kebutuhan sehari-hari mulai pakaian, make-up, kain, parfum, hingga aneka suvenir untuk oleh-oleh. Tips jika berbelanja di sini adalah datang sebelum jam makan siang agar tidak terjebak di antrean kasir yang panjang.

 

Penuh Hadiah

Untuk menambah keceriaan, usai talkshow dan berbuka puasa, acara Fast-Breaking In Style dilanjutkan dengan beberapa permainan menarik seperti, Pack Your Bag – signature games dari Majalah Panorama. Enam orang peserta akan beradu cepat memasukan barang-barang kebutuhan traveling ke dalam sebuah koper, pemenangnya mendapatkan travel bag Delsey persembahan Bag’s City. Termasuk permainan menirukan pramugari AirAsia yang sedang mendemonstasikan cara memakai alat keselamatan dan keamanan pesawat sebelum terbang. Permainan ini dimenangkan oleh Rini Febriani dan berhak atas tiket AirAsia dengan rute Jakarta-Singapura-Jakarta. Ada juga doorprize persembahan Majalah Panorama seperti travel bag Delsey persembahan Bag’s City, voucher tiket Waterboom Jakarta, voucher menginap di Padjadjaran Suites Hotel Cengkareng, voucher makan di Hard Rock Cafe Jakarta, dan voucher makan di Locanda Food Voyager Jakarta.