Osaka, Hong Kong, dan Singapura Dinobatkan Sebagai Kota Termahal di Dunia untuk Ditinggali

March 24th, 2020 / / Comments Off on Osaka, Hong Kong, dan Singapura Dinobatkan Sebagai Kota Termahal di Dunia untuk Ditinggali
Posted in Newsflash

Hasil survei Economist Intelligence Unit (EIU) Worldwide Cost of Living Survey 2020 menunjukkan Osaka merupakan salah satu kota termahal di dunia untuk ditinggali. Selain Osaka, di posisi sama terdapat Hong Kong dan Singapura yang masuk dalam puncak daftar survei yang disusun pada November 2019, sebelum merebaknya virus corona.

Survei ini pula menunjukkan posisi Paris tergeser dari tiga kota utama di antara kota-kota di Asia ini. Ibu kota Prancis yang saat ini berada dalam kondisi lockdown hanya berada di peringkat lima, setara dengan kota Zurich di Swiss, sedangkan New York berada di posisi keempat, sementara Tokyo naik lima tempat ke peringkat delapan karena penguatan mata uang yen.

Selama proses survei berlangsung, sejumlah kota di Eropa mengalami penurunan karena permintaan domestik dan harga energi secara global melemah, sehingga terjadi inflasi di seluruh Eropa tahun lalu. Tiga kota Eropa saat ini masuk dalam sepuluh besar, berbeda signifikan jika dibandingkan dengan tujuh kota pada 2010.

Jenewa misalnya, adalah anggota lama dari sepuluh klub teratas tetapi jatuh dari posisi lima ke sepuluh tahun ini. Kopenhagen bahkan tidak lagi masuk dalam sepuluh besar. Sementara itu, kota-kota Amerika Serikat melihat biaya hidup yang lebih tinggi berkat kekuatan dolar Amerika, terlihat dari 15 dari 16 kota naik peringkat.

Survei ini juga menemukan bahwa biaya hidup telah turun sekitar empat persen, dari rata-rata 133 kota yang disurvei. EIU menyatakan ini mencerminkan dampak mata uang global, pelonggaran kebijakan moneter, ketidakpastian perang perdagangan Amerika Serikat dengan Tiongkok, dan kekuatan ekonomi Amerika Serikat.