Negara Teraman untuk Dikunjungi di 2017

July 10th, 2017 / / Comments Off on Negara Teraman untuk Dikunjungi di 2017
Posted in Newsflash

Tiap tahun, Institut Ekonomi dan Perdamaian bekerja sama dengan Economist Intelligence Unit untuk menghitung Indeks Perdamaian Global (GPI) di 163 negara berdasarkan beberapa indikator, termasuk konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, tingkat keharmonisan penduduknya, dan indikator lain yang terkait dengan kemiliteran. Berikut 10 di antaranya yang teraman.

  1. Republik Irlandia dan Jepang

Republik Irlandia yang naik dari peringkat 12 ke 10 di tahun ini dengan skor 1.408, mencetak nilai terbaik untuk tingkat ketidakstabilan politik dan teror politik yang rendah. Sementara Jepang dengan skor yang sama berhasil meraih nilai tinggi pada indeks perdamaian karena jumlah pembunuhan yang rendah dan akses yang sulit terhadap senjata.

Sebagai destinasi wisata, Irlandia merupakan salah satu negara di Eropa dengan sejarah yang panjang, sehingga berbagai bangunan di sini pun memiliki ciri khas, sebut saja Kastil Blarney yang berada di Cork dan merupakan salah satu kastil tertua di negara ini. Sementara Jepang sendiri belakangan mulai populer di kalangan turis Indonesia berkat diberlakukannya bebas visa kunjungan bagi pemegang paspor elektronik, selain berbagai pusat belanja, kuliner, dan hiburannya pun menarik untuk dieksplor.

  1. Swiss

Dengan skor indeks perdamaian 1.373, Swiss tercatat tidak memiliki konflik internal maupun eksternal. Mungkin karena itulah pemerintahnya bisa menyelesaikan sejumlah proyek besar, seperti terowongan terpanjang dan terdalam di dunia. Swiss sendiri tak hanya populer dengan Danau Jenewa yang merupakan salah satu danau terindah dan terbesar di Eropa, namun juga Zermatt di kaki pegunungan Alpen Swiss yang terkenal dengan resor skinya yang indah.

  1. Kanada

Meski luas wilayahnya lebih lebih besar, Kanada dapat meraih skor 1.371 yang jauh lebih tinggi dibanding Amerika Serikat. Di sini, wisatawan dapat mengeksplor sejumlah kota-kota paling ramahnya, seperti Vancouver dan Quebec, atau mengikuti Toronto Stopover Program secara gratis dari Air Canada untuk melihat berbagai atraksi menarik di Toronto.

  1. Slovenia

Slovenia dengan skor 1.364 memiliki tingkat terorisme dan konflik internal yang sangat rendah, sehingga para pelancong pun dapat merasa lebih aman bila kemari untuk mengeksplor sejumlah destinasinya yang masih di bawah radar turis, seperti Ljubljana yang terkenal dengan ruang terbuka hijaunya, termasuk Tivoli Pak, serta berbagai kafe outdoor yang berjajar di tepi sungai, dan Soca Valley yang tak hanya digemari penyuka arung jeram, pendaki, dan penggemar ski, namun juga pencinta sejarah karena banyak situs yang berhubungan dengan Perang Dunia II bertebaran di sini.

  1. Republik Ceko

Ceko yang berdiri terpisah dari Slovakia melalui Revolusi Beludru yang tanpa kekerasan mendapatkan skor 1.360 untuk pengeluaran militer per kapita yang rendah dan tindak kejahatan yang relatif sedikit. Lain kali berkunjung ke sini, jangan lewatkan pula mampir di Ceksy Krumlov dengan kastilnya yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, Karlovy Vary yang terkenal dengan wisata spa, serta Moravia yang tak hanya fotogenik berkat lanskapnya yang berupa perbukitan hijau yang luas dan bergelombang seperti ombak, namun juga memiliki berbagai bangunan dengan arsitektur kuno.

  1. Denmark

Denmark secara berkala berada di antara negara-negara paling bahagia di dunia, dan dengan skor 1.337, negara ini juga membuktikan dirinya sebagai salah satu yang teraman di dunia. Beberapa atraksi menarik di sini antara lain Kronborg Castle di Helsingør yang merupakan salah satu latar Hamlet karya Shakespeare, Copenhagen yang terkenal ramah lingkungan dan memiliki jalur khusus untuk pesepeda, serta Aarhus yang terkenal dengan kota tua dan museum Viking bawah tanahnya.

  1. Austria

Robert Frost menulis bahwa “pagar yang baik dapat membuat orang menjadi tetangga yang baik”, dan hal itu terbukti benar di Austria, karena tetangganya (termasuk Jerman dan Republik Ceko) juga mencetak angka tinggi pada indeks. Austria mendapat skor 1.265 karena pemilihan damai dan impor senjata rendah.

  1. Portugal

Lisbon sebagai ibu kota dan kota terbesar di Portugal merupakan salah satu kota yang paling diremehkan di Eropa meski memiliki restoran pemenang penghargaan, arsitektur megah, dan kawasan pedesaan yang cantik. Skor 1.258 dari indeks perdamaian meyakinkan wisatawan untuk menjadikannya sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi, karena tak hanya cantik dengan biaya hidup relatif terjangkau, negara ini juga aman untuk dieksplor.

  1. Selandia Baru

Dengan skor 1.241, negara ini tak hanya merupakan salah satu tujuan terbaik dunia untuk berbagai aktivitas luar ruangnya yang memacu adrenalin, seperti bungy, off-road, terjun payung, arung jeram, hingga menjelajahi gua dan lembah, namun juga memiliki tingkat kekerasan dan konflik internal yang rendah.

  1. Islandia

Selama 10 tahun berturut-turut, Islandia selalu menempati peringkat teratas untuk daftar negara teraman di dunia. Negara Nordik ini memiliki jumlah yang rendah untuk kasus pembunuhan, jumlah orang di penjara, dan tindakan teror, sehingga membuatnya meraih skor 1.111. Islandia sendiri, selain merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora borealis, juga terkenal dengan wisata pemandian air panasnya, gletser dan air terjun, serta deretan bukit dan gunung yang menanti untuk didaki.