Negara Paling Nyaman untuk Ekspatriat

February 14th, 2017 / / Comments Off on Negara Paling Nyaman untuk Ekspatriat
Posted in Newsflash

Lembaga InterNations pada 23 Januari 2017 baru saja mengeluarkan hasil surveinya yang bertajuk Expat Insider. Dalam survei tersebut membeberkan negara-negara di dunia yang paling nyaman untuk seorang ekspatriat. Tak hanya itu, dari survei ini juga terungkap negara yang kurang tepat untuk seorang ekspatriat.

Hasil survei ini didapat dari 14.000 responden di 191 negara di dunia. Ada 43 aspek berbeda yang ditanyakan pada tiap respondennya, seperti keramahan penduduk lokal hingga kemudahan bagi para ekspatriat untuk hidup, bekerja, dan menghidupi keluarganya.

 

1. Taiwan

Taiwan menduduki urutan pertama dalam survei Expat Insider dan dinobatkan sebagai negara ternyaman oleh para ekspatriat. Sebagian besar responden beranggapan bahwa negara ini memiliki penduduk yang ramah dan gemar menolong meski terdapat perbedaan bahasa serta kebudayaan. Namun masyarakat Taiwan menerima perbedaan tersebut dengan senang hati.

 

2. Malta

Di urutan kedua, ekspatriat memilih Malta sebagai negara yang nyaman. Responden berpendapat bahwa negara kepulauan di Eropa ini memiliki iklim yang nyaman dan pantai yang cantik. Tak hanya itu, gaya hidup masyarakat di sini cenderung santai dan menghindari kehidupan yang serba cepat. Beberapa festival juga kerap diselenggarakan di sini.

 

3. Ekuador

Ekuador menempati urutan ketiga sebagai negara ternyaman bagi ekspatriat. Responden menilai masyarakat Ekuador sangat ramah dan gemar menyapa. Alasan lainnya adalah makanan di negara ini beragam, selain nikmat dan murah. Tak hanya itu, ekspatriat juga menilai pelayanan kesehatan negara yang berada di Amerika Selatan ini cukup baik serta memadai.

 

4. Meksiko

Ekspatriat menempatkan Meksiko berada di urutan keempat sebagai negara yang nyaman. Alasan mereka mirip dengan Malta, Meksiko memiliki iklim yang hangat dan memiliki pantai yang indah. Sebagian besar responden menilai negara di Amerika Tengah ini memiliki masyarakat yang sangat menghargai pendatang, selain juga ramah, sangat menjaga peninggalan sejarah dan budayanya, serta memiliki keberagaman kuliner.

 

5. Selandia Baru

Di urutan kelima, ekspatriat menempatkan Selandia Baru. Menurut responden, negara ini memiliki panorama alam yang paling indah, selain akses transportasinya yang mudah dan menyediakan beragam aktivitas petualangan. Selain itu, masyarakat di sini cepat membaur dengan pendatang. Karena tidak terlalu ramai, kehidupan ekspatriat di sini juga cenderung lebih santai, mengikuti ritme kehidupan masyarakatnya.

 

Berikut 10 negara yang nyaman bagi ekspatriat.

  1. Taiwan
  2. Malta
  3. Ekuador
  4. Meksiko
  5. Selandia Baru
  6. Kosta Rika
  7. Australia
  8. Austria
  9. Luksemburg
  10. Ceko

Sedangkan berikut negara-negara yang menurut ekspatriat kurang nyaman.

  1. Kuwait
  2. Yunani
  3. Nigeria
  4. Brasil
  5. Arab Saudi
  6. Mesir
  7. Mozambik
  8. Qatar
  9. Italia
  10. Tanzania