Negara Ini Pikat Produser Film Asing dengan Insentif Pajak 

October 3rd, 2018 / / Comments Off on Negara Ini Pikat Produser Film Asing dengan Insentif Pajak 
Posted in Newsflash

Negara yang memberikan segala kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuat film di negara mereka tak hanya semakin dilirik di kalangan produser asing, namun juga berpotensi meraup keuntungan besar dari kegiatan pengambilan gambar tersebut.

Sebut saja Indonesia yang menjadi lokasi syuting film “Eat Pray Love” yang dibintangi Julia Roberts. Setelah penayangan film itu pada 2010, banyak agen wisata menawarkan paket tur napak tilas “Eat Pray Love” dan jumlah turis asing ke Bali pun naik 10 persen di tahun 2011, yaitu dari 2,4 juta jadi 2,7 juta orang.

Sayangnya Indonesia masih belum bisa memberikan insentif atau bantuan dana dan sejumlah fasilitas lainnya untuk para pelaku film asing. Padahal, sudah banyak negara maju dan berkembang di dunia yang menawarkan hal tersebut, seperti berikut ini.

Thailand

Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand memberikan potongan pajak sebesar 15 persen dari setiap 50 juta baht yang dibelanjakan untuk pembuatan film di Thailand. Tak hanya itu, negara ini juga menawarkan proses perizinan yang sederhana, infrastruktur yang memadai, sumber daya yang terlatih, hingga dukungan teknis yang sangat lengkap, sehingga memudahkan para pelaku perfilman.

Yunani

Yunani menawarkan potongan harga tunai untuk produksi film asing yang diambil di negara itu. Menurut Panos Kouanis, Ketua dan Kepala Eksekutif Pusat Nasional untuk Media dan Komunikasi Audiovisual (EKOME), film tersebut tak hanya harus menonjolkan sejumlah landmark yang sudah terkenal duluan di luar negeri, melainkan sisi lain dari Yunani yang belum banyak dieksplor. Ia juga menambahkan bahwa sejak kebijakan potongan harga tersebut diambil, semakin tinggi minat para produsen asing untuk mengambil syuting di negara tersebut, dengan beberapa di antaranya sudah mulai syuting sejak musim panas ini.

Portugal

Sejumlah produser film asing terpikat menjadikan Portugal sebagai lokasi syuting berkat potongan harga 25 hingga 30 persen. “The Man Who Killed Don Quixote” yang distrudarai Terry Gilliam mendapat manfaat dari insentif tersebut, begitu pula film yang akan datang, seperti “A Family Vacation” yang syutingnya dilakukan di Sintra.

Tahun lalu, Portugal bereksperimen dengan skema potongan pajak 20-25 persen untuk minimal pembelanjaan senilai satu juta euro dan mendukung empat proyek. Skema yang baru memberikan potongan harga tunai dan biaya produksi yang lebih rendah.

Terpilih sebagai tujuan terbaik di dunia pada ajang World Travel Awards 2017, Portugal juga sebelumnya terkenal sebagai lokasi syuting banyak iklan, seperti Apple, Volkswagen, McDonald’s, El Corte Ingles, dan Yves Saint Laurent.