Musim Dingin di Taman Nasional

December 4th, 2017 / / Comments Off on Musim Dingin di Taman Nasional
Posted in Newsflash

Saat melancong, sebagian dari kita akan mencari waktu terbaik untuk mengunjungi suatu destinasi, apalagi jika berada di tempat terbuka. Musim panas kerap menjadi incaran wisatawan untuk beraktivitas di luar ruangan, tapi jika berkesempatan melakukan perjalanan saat musim dingin berlangsung, terutama ke Jepang, coba kunjungi beberapa taman nasional di bawah ini yang menawarkan panorama terbaik dalam balutan salju.

Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu

Berada di Prefektur Yamanashi, Shizuoka, dan Kanagawa, taman nasional ini memiliki daya tarik melalui Gunung Fuji, Fuji Five Lakes, Hakone, Semenanjung Izu, dan Kepulauan Izu. Dengan cakupan luas sekitar 1.227 kilometer persegi, Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu merupakan salah satu dari empat taman nasional pertama yang didirikan di Jepang, tepatnya pada 2 Februari 1936. Selain menyajikan panorama Gunung Fuji yang ikonik, wisatawan dapat sekalian bertandang ke Hakone yang merupakan lokasi wisata yang menggabungkan sumber air panas, tempat-tempat bersejarah, juga kawasan hutan, padang rumput, danau, serta rawa.

Akses: Areal sekitar Hakone dapat dicapin menggunakan kereta dari Stasiun Tokyo sekitar 90 menit perjalanan. Untuk mengitari Hakone, tersedia jalur kereta, bus, atapun gondola dengan berbagai rute dan tujuan

Taman Nasional Akan Mashu

Berada di kawasan Hokkaido bagian timur, taman nasional ini memiliki luas sekitar 90-an hektar, di mana alam di sini didominasi hutan dengan tiga danau kaldera, yaitu Danau Akan, Danau Mashu, dan Danau Kussharo. Taman nasional ini terdiri dari dua bagian yang terpisah, di mana bagian barat lebih kecil cakupan wilayahnya, dengan menyertakan Danau Akan beserta resor air panas di tepi Danau Akankohan Onsen, sedangkan di sisi  timur yang lebih luas, menyajikan pemandangan Danau Mashu, Danau Kussharo, Gunung Iozan, dan Kawayu Onsen.

Akses: Untuk menuju Taman Nasional Akan Mashu, wisatawan bisa menggunakan penerbangan domestik dari Bandar Udara Internasional Haneda menuju Bandar Udara Kushiro dengan estimasi perjalanan sekitar 90 menit. Dari bandara, naik bus antar jemput menuju Danau Akan sekitar satu jam perjalanan.

Taman Nasional Towada-Hachimantai

Berada di antara tiga prefektur di Kawasan Tohoku, yakni Aomori, Akita, dan Iwate, Taman Nasional Towada-Hachimantai menawarkan panorama alam yang melimpah dengan jajaran danau, sumber air panas, hutan, sungai, jalur pendakian, tapi terlebih utama dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati datangnya musim gugur. Walau begitu, kawasan ini juga cantik saat musim dingin berlangsung, di mana beberapa area bisa dinikmati untuk bermain ski, seperti di kawasan Hakkōda.

Akses: Dari Tokyo bisa menggunakan JR East, Tohoku Shinkansen menuju Stasiun Shin-Aomori dengan waktu perjalanan sekitar tiga jam dan 10 menit, kemudian pindah menggunakan kereta lokal menuju Stasiun Aomori, di mana dekat stasiun terdapat halte bus yang akan mengantarkan menuju Danau Towada ataupun Hakkōda Ropeway.

Taman Nasional Chubu Sangaku

Secara teknis, taman nasional ini membentang dari Toyama, Nagano, hingga Gifu, dan berada di ketinggian 3.000 meter. Taman Nasional Chubu Sangaku memiliki jalur pendakian dengan pemandangan menakjubkan, karena menghadirkan Pegunungan Alpen Tengah dan Pegunungan Alpen Selatan, yang dinamakan serupa Pegunungan Alpen di Eropa. Salah satu destinasi populer di sini adalah Kamikochi, merupakan dataran tinggi yang menyajikan pemandangan gunung, juga terdiri dari rute Tateyama Kurobe Alpine yang unik, juga terdapat Hakuba, salah satu resor ski terkemuka di Jepang. Sama seperti kebanyakan daerah di Jepang, taman nasional ini sumber mata air juga pas sebagai destinasi liburan saat musim gugur.

Akses: Untuk mengunjungi Kamikochi, bisa menggunakan bus dari Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Dari Tokyo, dapat menggunakan bus dari Terminal Bus Shinjuku dengan estimasi perjalanan sekitar lima jam.