Museum-museum Unik di Amsterdam

August 12th, 2019 / / Comments Off on Museum-museum Unik di Amsterdam
Posted in Newsflash

Salah satu kota ikonik di belahan barat Eropa, Amsterdam menawarkan suasana dan dinamika yang membuat pelancong betah dan mengunjungi lagi dan lagi. Tak hanya itu, beragam atraksi dan hal-hal menarik menghiasi ibu kota Belanda ini, sehingga wisatawan diberi banyak pilihan untuk mengeksplor kota ini. Bagi mereka yang mencari tempat-tempat wisata yang unik, berbeda, dan tak biasa, kota yang cantik dengan kanal-kanalnya ini menyimpan yang terbaik.

Inilah sejumlah museum unik yang dapat dikunjungi selagi berkunjung di Amsterdam.

Katten Kabinet

Didirikan pada 1990 oleh Bob Meijer yang merupakan pecinta kucing dan pernah memelihar seekora kucing bernama John Pierpont (JP) Morgan. Kucing tersebut kerap diberi hadiah oleh teman dan kerabat Bob, mulai dari lukisan, patung kucing perunggu, bahkan replika dolar Amerika yang diganti wajah George Washington dengan wajah sang kucing. Pasca kehilangan Morgan, Bob mulai mengumpulkan hadiah-hadiah tersebut dan membuka lantai bawah rumah kanal miliknya menjadi museum. Katten Kabinet juga menyuguhkan sederetan lukisan, gambar, patung, dan karya-karya seni lainnya yang bertema kucing, mulai dari karya buatan Pablo Picasso, Rembrandt, Henri de Toulouse-Lautrec, Corneille, Sal Meijet, dan masih banyak lagi. Konon, museum yang berlokasi di Herengracht 497 ini sempat dijadikan lokasi syuting film Ocean’s Twelve (2004).

Cheese Museum

Belanda dengan keju menyatu dalam kisah sejarah panjang bagi sejumlah kota penghasil keju, seperti Edam, Maasdam, Leyden, dan Gouda. Kehadiran Cheese Museum menjadi wadah terbaik untuk mengenal lebih lagi mengenai keju yang bukan semata sebagai bahan pangan tapi menjadi produk ikonik Negeri Kincir Angin. Berada di Prinsengracht, Cheese Museum mengundang daya tarik dengan patung sapi yang dipajang di luar bangunan merupakan museum mini yang menarik, pas bagi pecinta keju yang ingin melacak kelezatan jenis-jenis keju dari masa ke masa melalui ekshibisi yang edukatif, serta kesempatan untuk mencicipi sejumlah produk keju ikonik secara cuma-cuma.

Pipe Museum

Ada pesona tersendiri begitu melangkah ke dalam Pipe Museum yang menjadi rumah bagi 25.000 koleksi pipa rokok, varian kotak tembakau, dan berbagai atribut rokok lainnya dari seluruh dunia. Koleksi pipa rokok yang dimiliki Pipe Museum ada yang sudah berusia lebih dari 2000 tahun dan sebagian didesain dengan ornamen dan detail menarik, termasuk terbuat dari bahan-bahan unik, seperti dari cakar kepiting.

The Electric Ladyland, Fluorescent Art Museum

Ada sekitar 75 museum di Amsterdam namun hanya satu museum unik yang didedikasikan bagi fluoresensi yang dikreasikan menjadi karya seni. Fluoresensi adalah pancaran sinar oleh suatu zat setelah melalui proses radiasi elektromagnet, yang akhirnya menghasilkan pencahayaan unik. Dengan menyelipkan muatan ilmiah, museum ini menampilkan koleksi mineral fluoresensi warna-warni, yang membuat keseluruhan ruangan bak negeri khayalan. Sebelum masuk, pengunjung mesti melepas jaket dan menuju area museum bersama Nick Padalino-seniman sekaligus pemilik
The Electric Ladyland, Fluorescent Art Museum yang akan menjelaskan mengenai fluoresensi, seperti saat sebuah batu berwarna abu-abu ditembakkan cahaya khusus dan akan berubah menjadi warna-warna tertentu.

Stedelijk Museum Amsterdam

Museum bertema seni dan desain selalu menarik minat karena koleksi yang ditampilkan menjungjung nilai artistik dan menyenangkan untuk dinikmati. Salah satu museum bertema ini adalah Stedelijk Museum Amsterdam yang menampilkan banyak karya seni dari seniman-seniman Belanda era abad 20. Sejak 2017 museum ini memiliki koleksi permanen sejumlah lebih dari 750 karya dari sederet nama-nama tenar di dunia seni dan desain, seperti B. Bauhaus, De Stijl, CoBrA, Karel Appel, Paul Cezanne, Marc Chagall, Marlene Dumas, Wassili Kandinsky, Edward Kienholz, Willem De Kooning, Jeff Koons, Kazimir Malevich, Henri Matisse, Piet Mondriaan, Pablo Picasso, Jackson Pollock, Gerrit Rietveld, Ettore Sottsass, dan Andy Warhol. 

Moco Museum

Sebuah museum butik yang menawarkan koleksi seni kontemporer dan modern milik Banksy, Andy Warhol, dan Roy Lichtenstein. Di Moco Museum, pengunjung yang ingin melihat koleksi-koleksi seni yang tak biasa, yang bertema ironi dan humoris dijamin akan menikmati waktu kunjungan dan akan membuka wacana baru mengenai dunia seni.

Paket Hotel dan Museum

Conservatorium Hotel merupakan salah satu satu hotel mewah dan elegan yang berlokasi di Museum Square. Lokasi yang strategis di pusat kota, hotel ini menawarkan paket menginap dan wisata museum yang menguntungkan bagi tamu. Paket Conservatorium Museum sudah termasuk menginap dua malam di Deluxe Guestrooms atau Junior Suites, sarapan di Brasserie untuk dua orang, dua tiket masuk Moco Museum, Stedelijk Museum, atau Rijksmuseum, komplimen mengakses Akasha Holistic Wellbeing Centre, dan jamuan minum teh untuk dua orang.

Penawaran ini berlaku untuk pemesanan dan reservasi sebelum 31 Desember 2019, mulai dari 717 euro per malam, sudah termasuk VAT dan tidak termasuk pajak kota. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket ini, dapat mengunjungi situs hotel.