Mulai 1 Oktober, Belize Buka Akses Penerbangan Internasional

September 4th, 2020 / / Comments Off on Mulai 1 Oktober, Belize Buka Akses Penerbangan Internasional
Posted in Newsflash

Belize akan membuka kembali Bandara Philip Goldson pada 1 Oktober, yang merupakan bagian dari langkah ketiga dalam strategi pembukaan kembali pariwisata yang terdiri lima fase. Sebelum pembukaan kembali akses transportasi udara, pada 28 Agustus pemerintah Belize akan membuka sejumlah hotel dan operator tur yang mendapat izin beroperasi serta menawarkan kegiatan wisata.

Fase ketiga ini menampilkan protokol kesehatan dan keselamatan terbaru yang ditingkatkan di hotel, restoran, dan operator tur, di bawah program Tourism Gold Standard. Nantinya, protokol ini digunakan untuk mempersiapkan para pelancong saat melakukan perjalanan wisata di Belize.

Bagi mereka yang merencanakan perjalanan ke Belize, diwajibkan untuk mengunduh aplikasi Belize Health dan melengkapi data diri serta informasi yang dibutuhkan. Saat tiba di bandara, pelancong asing harus menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19, dengan masa berlaku maksimal hingga 72 jam setelah penerbangan. Bagi mereka yang menunjukkan hasil tes negatif, akan diarahkan ke jalur cepat kedatangan.

Walau sudah menunjukkan hasil tes negatif, otoritas bandara akan menyaring wisawatan secara acak untuk melakuan pemeriksaan sekunder. Pengunjung juga akan dikenakan double rapid test jika perlu, yang dimasukkan ke biaya perjalanan.

Seusai melewati birokrasi di kedatangan, pengunjung dapat menuju hotel menggunakan transportasi yang disetujui dan akan diizinkan untuk berpartisipasi di aktivitas tur yang sudah disetujui. Setelah sebelumnya mengumumkan Belize akan membuka kembali perbatasannya untuk pengunjung internasional pada Agustus, pihak otoritas Belize terpaksa menundanya dengan alasan kewaspadaan terhadap pengunjung dan penduduk.