Mudah Bertransaksi di Tiongkok dengan Alipay

November 12th, 2019 / / Comments Off on Mudah Bertransaksi di Tiongkok dengan Alipay
Posted in Newsflash

Wisatawan asing yang berkunjung ke Tiongkok semakin dimudahkan dengan peluncuran aplikasi Alipay versi internasional, yang diumumkan melalui akun Twitter aplikasi pembayaran asal Tiongkok tersebut pada 5 November 2019. Alipay adalah salah satu dari dua media pembayaran non tunai terbesar di Tiongkok, selain WeChat Pay. Pejalan dapat mengunduh aplikasi melalui App Store atau Google Play Store dan mendaftar akun menggunakan nomor internasional mereka.

Cukup mudah untuk mengaplikasikan Alipay setelah terlebih dulu mengubah panduan dalam bahasa Inggris. Pengguna aplikasi akan menemukan ikon “Tour Pass di laman aplikasi yang akan menjelaskan secara detil mengenai penggunaan aplikasi ini. Pemakai Alipay dapat memasukan nomor kartu debit atau kredit saat melakukan top-up yang akan di-issued Bank of Shanghai. Di akhir proses top-up, pengguna diwajibkan mengisi bagian informasi paspor dan menyertakan foto visa Tiongkok sebagai identifikasi data diri.

Untuk minimum top-up, minimal senilai 100 yuan dan maksimal 2.000 yuan, di mana pengguna Alipay dapat melakukan top-up hingga beberapa kali. Aplikasi Alipay dapat digunakan wisatawan saat melakukan transaksi di toko-toko di Tiongkok dengan menunjukkan kode QR atau menggunakan gawai mereka untuk memindai kode QR yang dimiliki toko/gerai yang dikunjungi. Aplikasi ini dapat juga dimanfaatkan untuk membayar jasa pengantaran makanan, membeli tiket nonton, hingga reservasi pesawat, kereta, dan hotel.