Middle Earth Hadir di Spanyol

April 29th, 2015 / / Comments Off on Middle Earth Hadir di Spanyol
Posted in Newsflash

Selama ini para penggemar kisah Lord of the Rings sudah terpaku dengan Selandia Baru sebagai Middle Earth yang menjadi latar cerita fiksi karya J.R.R. Tolkien tersebut. Namun kali ini tampaknya para penggemar setia Tolkien harus membiasakan diri dengan akan dibukanya taman bertema Lord of the Rings di Rincon de la Victoria, Andalusia. Rencananya, taman ini akan diberi nama The Shire atau La Comarca, seperti nama desa yang dihuni para hobbit di film tersebut.

Untuk mewujudkan Middle Earth di luar Selandia Baru, tentu saja tidak mudah. Lahan seluas 80.000 meter persegi telah dipersiapkan. “The Shire akan menjadi destinasi wisata utama daerah kami,” tegas Francisco Salado, Walikota Rincon de la Victoria.

Rencananya, taman ini akan dibagi menjadi beberapa area, seperti Parque Urbano dan Zona de Aventura. Pengunjung juga akan diajak untuk bertualang layaknya Frodo dan Sam menuju Mordor dengan berbagai fasilitas seperti memasuki rumah hobbit dan melakukan berbagai aktivitas oudoor seperti adegan yang ada di film. Untuk lebih mendekatkan pengunjung pada suasana Hobitton, sebuah danau berukuran sedang juga akan dibuat di sini.

Fasilitas lain berteknologi canggih juga disediakan untuk mengajak pengunjung memasuki alam dunia maya yang bernuansa kisah Lord of the Rings. Pihak pengelola hotel setempat juga telah menyiapkan penginapan khusus di taman ini yang bernama The Shire.

Investasi Besar

Mewujudkan taman impian ini bukan perkara mudah. Dana sebesar 24 milyar rupiah sudah dikucurkan untuk pembangunannya. Pemerintah setempat juga sudah ikut menyumbang dana sebesar 7 milyar untuk menyukseskan proyek ini. Namun bukannya tanpa masalah, pihak Warner Bros dikabarkan sempat mempersoalkan proyek ini karena menyertakan nama J.R.R. Tolkien, sang penulis kisahnya.

Francisco Salado dalam masalah ini telah menegaskan bahwa semua persoalan hukum menyangkut proyek ini telah diselesaikan dan tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan, karena semua hal yang ada di taman ini adalah berasal dari kisah fiksi dan dunia dongeng. Jika tak ada halangan, taman ini akan selesai dibangun pada akhir 2015.

 

 

*Dari berbagai sumber