Mengintip Kabin SpaceShipTwo, Pesawat Komersial Luar Angkasa Pertama di Dunia

July 29th, 2020 / / Comments Off on Mengintip Kabin SpaceShipTwo, Pesawat Komersial Luar Angkasa Pertama di Dunia
Posted in Newsflash

Sebentar lagi ruang angkasa tak hanya dijelajahi astronot saja, karena Virgin Galactic, perusahaan perjalanan luar angkasa, baru-baru ini meluncurkan desain kabin SpaceShipTwo. Pesawat bertenaga roket ini akan membawa penumpang menuju angkasa bebas tanpa batas dan merupakan pesawat komersial luar angkasa pertama di dunia. Dirancang tim in-house yang bekerja sama dengan Seymourpowell yang berbasis di London, interior SpaceShipTwo terlihat futuristik, ramping, dengan pencahayaan menggunakan LED mood lighting.

Terdapat enam kursi penumpang berwarna biru yang dibuat dari serat karbon dan aluminium. Nantinya, sepanjang perjalanan pilot akan menyesuaikan posisi kursi untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang. Saat peluncuran, kursi-kursi penumpang akan dikonfigurasi sedemikian rupa agar sanggup mengatasi g-forces yang terasa kuat. Saat berada 50 mil di atas permukaan bumi, ruang kabin akan dimaksimalkan agar penumpang dapat mengapung tanpa bobot. Penumpang dapat memantau perjalanan melalui layar yang terletak di masing-masing kursi, yang menampilkan informasi penerbangan.

Penumpang SpaceShipTwo dapat melihat panorama angkasa dari 17 jendela yang tersebar di seluruh kabin, yang dikelilingi pegangan busa yang lembut. Kabin juga dilengkapi 16 kamera untuk merekam seluruh pengalaman selama berada di angkasa, sehingga penumpang hanya fokus menikmati pemandangan tanpa membuang waktu untuk swafoto.

Saat ini Virgin Galactic sudah menjual tiket penerbangan luar angkasa bersama SpaceShipTwo seharga 250 ribu dolar Amerika per kursi, dengan daftar penumpang sekitar 600 orang. Saat ini pesawat ruang angkasa masih dalam tahap pengujian dan berencana untuk melakukan penerbangan perdana paling cepat akhir tahun ini. Bagi yang belum mampu untuk menikmati perjalanan mutakhir ini, dapat menjelajah kabin SpaceShipTwo melalui aplikasi augmented-reality yang tersedia di App Store dan Google Play.