Menghindari Antrean Panjang di Colosseum

November 29th, 2019 / / Comments Off on Menghindari Antrean Panjang di Colosseum
Posted in Newsflash, ROADTRIP

Dinasti Flavia membangun amfiteater superbesar setinggi 48 meter yang dapat menampung hingga 50.000 penonton ini untuk menghibur rakyat Romawi dengan berbagai pertunjukan. Konon, pamor sang kaisar bakal makin naik bila sering menggelar hiburan untuk rakyatnya. Tak heran di malam pembukaannya sang kaisar mengajak rakyat berpesta-pora dengan membantai ribuan binatang.

Setelah itu, situs ini menjadi pusat hiburan populer dengan pertarungan gladiator sebagai pertunjukan favorit. Sekitar empat juta orang yang ke Roma pasti mengunjungi Situs Warisan Dunia UNESCO ini setiap tahunnya.

Tersedia tur dengan pemandu yang akan menceritakan kisah-kisah memilukan mengenai pembantaian hewan hingga pertarungan hewan dengan gladiator, termasuk gempa pada tahun 847 dan 1231 yang paling dashyat menghancurkan struktur bangunan Colosseum hingga menjadi yang sekarang ini.

Sama halnya dengan tempat-tempat populer lain di dunia, Colosseum selalu ramai pengunjung tiap harinya. Untuk menghindari antrean panjang, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

  • Beli tiket kombinasi Colosseum, Palatine Hill, dan Roman Forum di depan pintu masuk Palatine Hill seharga 12 euro untuk dewasa dan gratis untuk usia di bawah 18 tahun.
  • Beli Roma Pass dan jadikan Colosseum sebagai satu (atau dua) situs pertama yang dikunjungi gratis.
  • Beli Archeologia Card yang berlaku selama tujuh hari untuk bebas masuk Colosseum, Palatine Hill, Roman Forum, National Roman Museum, Baths of Caracalla, Tomb of Cecilia Metella, dan Villa dei Quintili. Tiket bisa dibeli di pintu masuk situs-situs tersebut (kecuali di Tomb of Cecilia Metella dan Villa dei Quintili), atau di Rome Visitor Center (Via Parigi 5) seharga 23 euro untuk dewasa dan 18 euro untuk di bawah 18 tahun.
  • Jika ingin sekaligus mengunjungi area bawah tanah Colosseum yang tertutup untuk umum, bisa memesan tur dari Viator (Colosseum Underground with Arena Floor Access & Roman Forum Guided Tour, mulai 125 dolar AS).
  • Tur berdurasi 3,5 jam ini mengajak peserta melalui terowongan tempat gladiator menunggu sebelum bertempur, ruang bawah tanah tempat binatang dikurung, dan barisan atas Colosseum untuk melihat panorama dari ketinggian. Setelah tur, dapat mengeksplor Palatine Hill dan Roman Forum secara independen dengan tiket yang telah disediakan.
  • Beli tiket tur audio yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Mandarin, serta termasuk akses ke Palatine Museum dan Roman Forum seharga 12 euro untuk dewasa dan gratis untuk di bawah 18 tahun.

Akses: Metro Line B ke Colosseo, buka setiap hari pukul 08:30 dan tutup di jam yang berbeda-beda sesuai musim, tiket 12 euro.