Mengenal Kembali Bali Lewat Properti Aman

July 1st, 2019 / / Comments Off on Mengenal Kembali Bali Lewat Properti Aman
Posted in Newsflash

Semua resor Aman di seluruh dunia memiliki kesamaan, yaitu dirancang sedemikian rupa untuk menyatu dengan alam dan budaya di sekitarnya. Oleh karena itu, di 34 properti Aman yang tersebar di 21 negara, pastilah berlokasi di tempat dengan pemandangan memukau dengan nilai tambah berupa sejarah dan budaya yang menarik. Dengan jumlah kamar yang sedikit demi layanan yang serba dipersonalisasi, selama lebih dari tiga dekade, Aman berhasil meletakkan standar yang tinggi di dunia perhotelan. Kunjungan ke dua resor Aman di Bali belum lama ini, yaitu Amandari di Ubud dan Amankila di Karangasem, pun membuktikan hal tersebut.

Dua Malam di Amandari

Diawali dengan kunjungan di Amandari yang tersembunyi di Desa Kadewatan (bahkan jalan masuknya pun melewati perumahan warga), properti kedua Aman yang dibangun pada 1989 ini seketika terasa underrated. Namun justru itulah sudut pandang kemewahan yang ditawarkan Amandari, di mana setiap tamu yang akan memasuki properti tersebut seakan mendapatkan kesan bahwa apa pun yang dilakukan resor yang menghadap Lembah Sungai Ayung ini memang melibatkan masyarakat.

“Kami memiliki banyak program menarik berbasis komunitas. Setiap sore, selama bertahun-tahun, misalnya, kami menyediakan tempat bagi anak-anak Desa Kadewatan untuk berlatih tari Bali sepulang sekolah. Para tamu tentu saja dapat menonton dan mendapatkan pengalaman yang unik, namun bagi masyarakat, wadah yang kami sediakan ini pun dapat menjadi pendorong regenerasi penari karena Bali tanpa masyarakat yang meneruskan tradisi tak akan menarik sebagai sebuah destinasi,” ujar Karin van Zyl, General Manager Amandari.

Berbasis Komunitas

Seperti banyak resor lain di Bali, Amandari pun menawarkan kelas memasak masakan Bali yang diawali dengan kunjungan ke pasar tradisional. Namun keistimewaannya, peserta sengaja diajak ke pasar yang agak jauh, yaitu sekitar 30 menit berkendara dari Amandari, agar dapat merasakan suasana pasar yang autentik tanpa kehadiran turis asing. Sesudahnya, peserta dibawa ke sebuah rumah warga yang tak jauh dari resor untuk memulai kursus memasak. Tak hanya pengetahuan tentang bumbu dan bahan masakan Bali yang didapat, namun peserta pun dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat, sekaligus melihat langsung ciri khas rumah Bali yang ruangan-ruangannya dibuat di sekitar taman dalam (courtyard).

Berada di Ubud yang identik dengan program kebugaran, Amandari pun menawarkan serangkaian program olah tubuh dan penyegaran di paviliun spanya yang dirancang dengan menghadirkan suara hujan buatan yang menenangkan. Selain yoga di pagi hari, yang direkomendasikan adalah program Silent Walk atau berjalan tanpa suara untuk menghadirkan kesadaran akan organ-organ tubuh. Tujuan perjalanan tanpa bersuara ini adalah sebuah pura yang dibangun pada abad 7 di tepi Sungai Ayung, yang masih terletak di kompleks resor. Silent Walk kemudian akan diselingi meditasi untuk kembali mengenal diri sendiri dan meningkatkan kesadaran akan berbagai hal di dalam diri yang selama ini – karena kesibukan dan ritme kehidupan yang cepat – luput dari perhatian.

Hingga 30 September 2019, Amandari menawarkan harga istimewa untuk minimal menginap dua malam di Valley Suite. Para tamu akan dapat menikmati pilihan makan siang atau makan malam (namun tidak termasuk minuman) dan sesuai ketersediaan, berkesempatan menikmati upgrade ke tipe suite yang lebih tinggi.  Penawaran istimewa lainnya adalah menginap minimal tiga hari di Pool Suite, Ayung Suite, Asmara Suite, atau Amandari Suite, maka cukup membayar dua malamnya saja. Pilihan promosi ini pun termasuk sarapan selama menginap dan antar-jemput dari/ke bandara.

Dua Malam di Amankila

Berbeda dengan Ubud yang identik dengan alam hijau, Amankila yang berada di pesisir timur Bali, tepatnya di Bukit Indrakila, membuai mata dengan birunya perairan Selat Lombok dengan Nusa Penida dan Lombok di kejauhan. Walau sama-sama merengkuh masyarakat sekitar dalam kegiatan operasionalnya, namun aktivitas yang ditawarkan Amankila terpusat pada kegiatan luar ruang.

“Amankila berada di lokasi yang unik, yaitu diapit laut dan Gunung Agung, sehingga sangatlah tepat jika aktivitas yang kami tawarkan adalah aneka kegiatan luar ruang. Lagipula demografi tamu kami pun semakin muda, sehingga penting untuk mendorong mereka terus aktif. Dibungkus kearifan lokal, kami pun menghadirkan banyak program kebugaran baru, seperti pencak silat, olahraga air (yoga dan pilates di kolam renang dengan peranti apung khusus), serta aneka fasilitas team building yang dapat dinikmati bersama keluarga,” jelas Ernst Ludick, General Manager Amankila.

“Selain itu, kami juga menawarkan konsep Mindful Eating bagi mereka yang peduli kesehatan, sehingga menu-menu di restoran pun dirancang sedemikian rupa secara kreatif menggunakan bahan-bahan terbaik,” tambah Ludick.

Seru Sejak Bangun Tidur

Saking ingin membuat para tamunya keluar dari kenyaman kamar, dari sejak bangun tidur Amankila memiliki banyak kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah sarapan di sebuah gazebo di atas bukit dengan pemandangan gunung, sawah, dan laut sekaligus. Walau menikmati sarapan di restoran atau di suite pun tak kalah menyenangkan, namun tentu saja sarapan yang digelar dengan gaya piknik ini memberikan kesan mendalam.

Kegiatan di pagi hari yang tak kalah populer adalah sunrise cruise. Berada di pantai timur Bali, pemandangan matahari terbit di kawasan ini memang yang terbaik. Dimulai dari Pelabuhan Padangbai, jukung yang telah dimofikasi menjadi kapal nyaman siap membawa para tamu berlayar di Selat Lombok untuk sekaligus menikmati sarapan. Ketika matahari telah tinggi, kapal pun akan berhenti di beberapa titik snorkeling terbaik di kawasan ini. Yang pasti, piknik di atas bukit dan menikmati matahari terbit di atas jukung, tak membuat para tamu rugi telah bangun ekstra pagi.

Kemudian, untuk mengisi hari para tamu dapat mengatur perjalanan menuju beberapa atraksi wisata di Bali Timur, seperti desa tradisional Tenganan, Istana Tirta Tangga, dan Taman Ujung Karangasem. Sedangkan untuk mengakhiri hari, menjelang senja para tamu dapat menikmati aneka cocktail kreatif di dek yang dibangun di atas karang di tepi pantai, sebelum menikmati makan malam di tepi pantai di area yang sama, di mana kegiatan ini banyak disukai oleh para pasangan yang berbulan madu.

Hingga 30 September 2019, Amankila pun menawarkan harga istimewa untuk menginap selama minimal tiga hari, di mana tersedia upgrade tipe (tergantung ketersediaan) dan pilihan makan siang atau makan malam (tidak termasuk minuman). Sedangkan bila memilih tipe Pool Suite, Infinity Pool Suite, Kilasari Suite, atau Indrakila Suite selama minimal tiga malam, maka malam ketiga gratis, dengan termasuk sarapan selama menginap dan antar-jemput dari/ke bandara.