Mau Liburan ke Luar Negeri? 3 Destinasi Ini Sudah Menerima Kunjungan untuk WNI

January 7th, 2021 / / Comments Off on Mau Liburan ke Luar Negeri? 3 Destinasi Ini Sudah Menerima Kunjungan untuk WNI
Posted in Newsflash

Di tahun yang baru ini pandemi Covid-19 memang masih belum selesai. Namun, sejumlah negara telah menerapkan beberapa kebijakan baru untuk menerima pelancong yang ingin liburan ke luar negeri, tentu saja dengan menerapkan serangkaian protokol kesehatan yang ketat. 

Berikut beberapa destinasi luar negeri yang bisa dikunjungi tahun ini.

1. Maladewa

Sudah tak sabar lagi melewatkan liburan di Maladewa? Tenang saja, karena sejak 15 Juli lalu, Maladewa telah membuka perbatasannya untuk semua wisatawan internasional, termasuk WNI.

Syaratnya cukup mengisi surat pernyataan kesehatan setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan, membuat reservasi di penginapan yang teregistrasi dengan pemerintah setempat dan tidak boleh pindah hingga liburan selesai, serta wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif pada saat kedatangan. 

Menariknya, seperti yang disebutkan di laman resmi Kementerian Pariwisata Maladewa, Maladewa tidak mewajibkan karantina 14 hari bagi wisatawan asing, namun pengecekan standar di bandara akan tetap dilakukan. Bila ditemukan gejala Covid-19, wisatawan tersebut baru akan diwajibkan untuk tes PCR.

Selama di Maladewa, wisatawan juga wajib menjalankan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. 

2. Turki

Menawarkan tempat-tempat wisata yang eksotis dengan deretan bangunan bersejarah dan lanskap alam yang memukau, Turki merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia. Selama pandemi, negara ini menerapkan kebijakan yang lebih longgar ketimbang negara-negara lain, yakni tidak mewajibkan wisatawan untuk menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif.

Namun, bila menunjukkan gejala terinfeksi, wisatawan harus menjalani tes di bandara dengan biaya pribadi. Bila ternyata positif, pengobatan pun harus dilakukan dengan biaya pribadi dan tidak ditanggung pemerintah.

Karena itu, kebanyakan grup tur asal Indonesia yang menawarkan paket wisata ke Turki mewajibkan peserta untuk melakukan tes cepat Covid-19 beberapa hari sebelum keberangkatan demi keamanan dan keselamatan rombongan tur.

Selama di sana, wisatawan juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Lalu, sebelum kembali ke Indonesia, wisatawan wajib melakukan tes PCR di Bandara Istanbul yang hasilnya keluar dalam waktu empat hingga enam jam. 

3. Dubai

Destinasi lain yang bisa dikunjungi untuk liburan 2021 adalah Dubai. Selain aksesnya mudah, yakni dengan penerbangan Jakarta-Dubai yang dilayani Emirates, Dubai juga memberlakukan syarat masuk yang tak terlalu menyulitkan wisatawan internasional.

Pertama, wisatawan cukup membuat visa terlebih dahulu untuk mengunjungi Uni Emirat Arab. Bila visa tersebut sudah disetujui, wisatawan dapat menandatangani pernyataan yang menyebutkan akan menanggung seluruh biaya karantina dan perawatan bila terkena Covid-19 saat liburan. Namun, tenang saja, bila naik Emirates, maskapai tersebut akan membebaskan biaya tersebut (informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi Emirates). 

Selanjutnya, wisatawan dapat melengkapi formulir pernyataan kesehatan dan mendaftarkan seluruh detailnya di aplikasi Covid-19 Dubai, yakni DXB. Jangan lupa juga untuk melakukan tes PCR 96 jam sebelum keberangkatan, karena surat hasil negatif Covid-19 akan diminta setiba di Bandara Dubai. 

Bila semua syarat tersebut sudah terpenuhi, wisatawan dapat menikmati liburan mereka di Dubai. Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan.