Maskapai Internasional Galang Bantuan untuk Kebakaran Hutan di Australia

January 9th, 2020 / / Comments Off on Maskapai Internasional Galang Bantuan untuk Kebakaran Hutan di Australia
Posted in Newsflash

Kebakaran hutan di Australia dilaporkan terjadi pertama kali di negara bagian New South Wales pada September 2019 dan sudah menjalar hingga memasuki masa empat bulan. Lebih dari 72.000 kilometer persegi lahan yang habis dilahap api dan dilaporkan jutaan hewan mati serta 25 orang meninggal akibat kebakaran hutan ini.

Meresponi tragedi ini, sejumlah maskapai internasional menggalang bantuan sebagai respon bencana kebakaran hutan yang sedang melanda Australia, antara lain:

Qantas Airlines

Melalui laman Facebook-nya, Qantas mengumumkan akan menyumbangkan satu juta dolar Australia untuk membantu proses pemulihan kebakaran hutan. Maskapai nasional Australia ini turut mengajak pelanggannya untuk turut memberikan donasi dengan mengkonversi Qantas Points menjadi dana donasi.

Qantas juga menyatakan turut mengangkut petugas pemadam kebakaran beserta perlengkapannya untuk memadamkan api ke sekeliling Australia sejak kebakaran hutan terjadi pertama kali.

Virgin Australia

Sesama maskapai dari Australia, Virgin Australia turut berpartisipasi memberi bantuan dengan membebaskan biaya pengubahan jadwal penerbangan bagi penumpangnya yang terkena dampak kebakaran hutan. Sebagai alternatif solusi, calon penumpang dapat memilih Travel Bank (akun resmi Virgin Australia untuk mengecek kredit penerbangan).

Virgin Australia juga menawarkan bantuan bagi organisasi komunitas dan non profit yang membutuhkan bantuan logistik dan akses transportasi, termasuk berusaha untuk mengakomodir permintaan ekstra kargo dan bagasi untuk pengantaran peralatan dan material yang dibutuhkan dalam penanganan kebakaran hutan.

Malaysia Airlines

Walau bukan merupakan maskapai asal Australia, Malaysia Airlines juga memberikan bantuan resmi untuk musibah kebakaran hutan di Australia. Maskapai ini mengumumkan turut memberi kontribusi dengan menyumbangkan satu ringgit dari setiap tiket yang terjual sepanjang Januari 2020. Kebijakan ini juga diberlakukan bagi anak perusahaannya di bawah Malaysia Aviation Group (MAG).

Maskapai yang melayani penerbangan ke lima kota besar di Australia (Adelaide, Brisbane, Melbourne, Sydney, Perth) ini juga bekerja sama dengan National Disaster Relief Management Agency (NaDMA) Malaysia untuk menerbangkan para relawan jika dibutuhkan pemerintah Australia.

Etihad Airways

Berbasis di Uni Emirat Arab, Etihad Airways juga mengeluarkan kebijakan yang membebaskan biaya pengubahan jadwal penerbangan bagi penumpang yang tinggal di Australia, yang terkena efek kebakaran hutan. Kebijakan ini berlaku bagi penumpang yang melakukan penerbangan ke dan dari Australia.

Maskapai yang beroperasi setiap hari dari Abu Dhabi ke Sydney, Melbourne, dan Brisbane ini juga menyediakan pusat layanan penumpang, Etihad Guests Services dengan menghubungi +971 600 555 666 (di Uni Emirat Arab) atau +61 1300 532 215 (di Australia).