Malam Terang St. Petersburg

February 1st, 2017 / / Comments Off on Malam Terang St. Petersburg
Posted in Newsflash

Dirancang Peter yang Agung, Saint Petersburg atau St. Petersburg dulunya merupakan ibu kota pertama Rusia dan dijuluki Venesia dari Timur karena memiliki 40 sungai serta lebih dari 20 kanal yang dapat disusur dengan gondola. Tak hanya itu, di St. Petersburg juga bersemayam Historic Centre of Saint Petersburg and Related Groups of Monuments yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan Museum Ermitáž (The Hermitage), museum terbesar dan tertua di dunia.

Selain peninggalan sejarah, St. Petersburg juga dianugrahi fenomena alam White Nights. Fenomena alam ini dikenal juga dengan nama Midnight Sun dan dialami oleh tempat-tempat yang berada dalam Lingkar Arktik di utara dan Lingkar Antartika di selatan. Berlangsung tiap tahunnya saat musim panas pada 11 Juni hingga 2 Juli, White Nights merupakan keadaan malam yang terang seperti siang karena matahari bersinar lebih lama dari biasanya. Matahari akan bersinar sekitar 20 jam tiap harinya dengan terbit pada pukul 03:00 dan tenggelam sekitar pukul 23:00.

Untuk menyemarakkan White Nights, masyarakat St. Petersburg menggelar White Nights Festival yang menampilkan berbagai pertunjukan dan acara menarik. Biasanya parade mobil hias, musisi jalanan, penari, pelukis, hingga pemain pantomin akan mulai memenuhi jalan-jalan di St. Petersburg mulai pukul 20:00 untuk memberi hiburan gratis.

Masyarakat juga berkumpul di tepi Sungai Neva untuk menyaksikan Palace Bridge yang dihiasi cahaya lampu terbuka dan tertutup kala dilewati kapal  feri dan kapal perang Russia. Beberapa jembatan di atas sungai pun digunakan sebagai penyangga layar raksasa untuk menayangkan film-film khas Russia. Di sini juga digelar pertunjukan musik, tari, sandiwara boneka, hingga opera. Berbagai atraksi pun diadakan di atas perairan Sungai Neva seperti perlombaan mendayung dan simulasi pertempuran laut yang melibatkan kapal-kapal perang Russia.

Mendekati akhir dari White Nights atau sebagai puncak perayaan White Nights Festival, Alye Parusa atau Scarlet Sails, kapal pinisi dengan layar merah yang akan berlayar menyusuri Sungai Neva. Selama pelayarannya, kapal yang terinspirasi dari buku Alye Parusa karya Alexander Grin ini akan diiringi dengan pertunjukan kembang api yang spektakuler. Setelahnya, pesta kembang api akan dilanjutkan di seluruh penjuru kota St. Petersburg.