Makanan Musim Gugur Terpopuler di Jepang

October 24th, 2017 / / Comments Off on Makanan Musim Gugur Terpopuler di Jepang
Posted in Newsflash

Jepang memiliki menu makanan yang berganti seiring musim berlalu. Saat musim gugur, penduduknya dapat menikmati hasil panen dari musim sebelumnya, selain juga mengonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan untuk mempersiapkan diri saat musim dingin. Berikut adalah lima makanan musim gugur terpopuler di Jepang.

1. Matsutake

Matsutake adalah jamur khas Jepang yang hanya ada saat musim gugur. Jamur ini terbilang langka karena tidak bisa dibudidayakan dan hanya bisa dipanen dari hutan, sehingga harganya mahal dan tergolong kategori makanan mewah. Jamur ini dapat diolah menjadi beberapa hidangan, mulai dari matsutake gohan (nasi jamur) hingga matsutake dobin mushi (sup jamur). Saat diolah menjadi sup, hidangan ini bakal disajikan dalam teko tanah liat yang dinamai dobin, kemudian dituangkan dalam cangkir kecil.

2. Sanma

Sauri pasifik (Cololabis saira), atau sanma dalam bahasa Jepang, biasanya diolah dengan dipanggang setelah ditaburi sedikit garam. Karena disajikan utuh, makannya bisa dimulai dari kulitnya yang garing (bisa dinikmati setelah ditambahkan jeruk nipis, lobak daikon, atau kecap). Pastikan juga menggunakan sumpit untuk menikmati daging ikan tersebut hingga hanya tulangnya saja yang tersisa.

Menu ini dapat dinikmati dengan sake di pub tradisional, namun bila ingin mencari pengalaman street food yang unik, langkahkan kaki ke pintu keluar timur dari Stasiun Meguro pada Minggu pertama di bulan September untuk menghadiri Sanma Matsuri, sebuah festival di mana lebih dari 5.000 sanma panggang diberikan gratis kepada pengunjung.

3. Shinmai

Beras pertama yang dipanen di musim gugur dinamai shinmai, atau secara harfiah berarti “beras baru”, konon memiliki rasa yang berbeda dibanding beras lain yang dipanen sepanjang tahun. Menurut orang Jepang, shinmai ini lebih lengket, gemuk, dan lembut, sehingga pastikan untuk mencicipinya bila kebetulan berkunjung ke Negeri Sakura ini mulai akhir September hingga Desember. Nasi ini biasa disajikan bersama sejumlah topping, seperti jamur, ubi manis, chestnut, dan kacang ginkgo.

4. Kroket 

Meski kroket bukanlah kudapan orisinal Jepang, namun kroket ini merupakan comfort food penduduknya di musim gugur. Terbuat dari ubi manis atau labu, kroket Jepang memiliki tekstur yang lebih kering, namun rasanya creamy. Kudapan ini biasa dibuat di rumah, namun banyak pula stan di department store yang menjualnya, seperti Tokyu Food Show di Shibuya.

5. Kuri-kinton

Kuri-kinton, atau manisan chestnut, merupakan kudapan manis sederhana, yakni terbuat dari chestnut yang dikukus, dihaluskan, dan dipadukan dengan bubuk gula (atau bisa juga ubi manis). Kudapan ini paling enak dinikmati dengan secangkir teh panas.

Kuri-kinton yang dijual per kotak adalah hadiah populer untuk teman dan keluarga di musim gugur. Penganan ini tersedia di mana pun permen tradisional dijual, namun kota Nakatsugawa di Gifu terutama terkenal dengan kuri-kinton, dengan banyak toko khusus yang menjual kudapan manis di ini, termasuk beberapa di antaranya yang telah beroperasi lebih dari satu abad.