Macao Tawarkan Wisata Multi Tujuan di Selatan China

April 11th, 2017 / / Comments Off on Macao Tawarkan Wisata Multi Tujuan di Selatan China
Posted in Newsflash

Kantor Pariwisata Pemerintah Macao (MGTO) meluncurkan promosi pariwisata terbarunya, yakni wisata multi tujuan di Macao dan daerah sekitarnya, termasuk Guangdong, Guangxi, Shenzhen, Zhuhai, Zhongshan, Qingyuan, Nansha, dan Pingtan, serta Hong Kong.

Berdasarkan data yang mereka kumpulkan, wisatawan dari Indonesia yang datang ke Macau sepanjang 2016 mencapai 182.467 orang, meningkat sebanyak 11,7 persen dari tahun sebelumnya. Sementara 17 persen di antaranya minimal datang ke dua kota di China, seperti Shenzhen yang bisa dicapai dengan kereta dari Hong Kong atau Zhuhai yang terkenal dengan sejumlah resor golf dan theme park-nya. Karena itulah kemudian MGTO menawarkan wisata multi tujuan tersebut dengan kerja sama Pariwisata Hong Kong dan China.

“Dari Macao, turis bisa menuju ke sejumlah provinsi tetangga, seperti Guangdong, Guangxi, dan Fujian, sementara Hong Kong pun bisa dicapai dengan naik feri,” kata Betty Fok Wai Lan, Kepala Bagian Tujuan Wisata MGTO. Karena belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Macao, Betty menyarankan untuk terbang langsung ke Hong Kong dulu, baru naik feri ke Macao.

Hong Kong sendiri, menurut Raymond Chan, Senior Manager SEA (Hong Kong Tourism Board), merupakan salah satu destinasi terpopuler bagi wisatawan Indonesia. Banyak taman bermain di sini, termasuk Ocean Park dan Disneyland Hong Kong, selain kotanya pun gampang dieksplor dengan naik bus dan kereta kalau tidak mau ikut tur. Lagipula kota ini mungil dan tak sebesar kota-kota tetangganya, selain di sini banyak restoran dan kuliner terkenal yang bisa dicicipi di sela-sela berbelanja.

Dari Hong Kong, biasanya wisatawan bakal naik kereta ke Shenzhen. “Menurut data di tahun sebelumnya, ada 72.000 wisatawan dari Indonesia yang masuk ke China melalui Shenzen. Jumlah ini merupakan jumlah terbesar keempat, karena itu kita selalu memprioritaskan orang Indonesia,” kata Zhang Yiyou, Consultant of Division of Tourism Marketing and Promotion (Culture, Sports and Tourism Administration of Shenzen Municipality). Pembuatan visanya pun mudah, tinggal menyiapkan dokumen yang diperlukan, dan sekitar setengah jam kemudian (bila antrean tak panjang) visa yang berlaku untuk lima hari tersebut sudah jadi (Visa on Arrival tersedia di Stasiun Lo Wu).

Bagi yang ingin berjalan-jalan dalam cuaca nyaman, bisa menuju Zhuhai yang sepanjang tahun suhu rata-ratanya 22 derajat Celsius. Kota yang tadinya berupa desa nelayan ini telah berkembang pesat menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk tempat tinggal dan wisata. Biaya hidupnya pun tak semahal kota-kota lainnya di China, seperti Beijing, selain lokasi kota ini pun dekat dengan bandara, sehingga bisa diakses dengan penerbangan dari Hong Kong, Macao, Shenzhen, dan Guangdong.

Sementara Guangzhou, ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Guangdong, merupakan surga bagi pecinta makanan. Menyediakan berbagai hidangan autentik, restoran paling populer terletak di sekitar wilayah kota tua, termasuk Dongshan District, Yuexiu District, dan Liwan District. Penyuka belanja pun juga dimanjakan dengan berbagai barang berkualitas di Shangxiajiu Road, Beijing Road, dan kawasan komersial Shifu Road.