Lomba Layar Satukan Australia dan Bali

March 4th, 2015 / / Comments Off on Lomba Layar Satukan Australia dan Bali
Posted in Newsflash

Di tengah menguatnya isu di Australia untuk boikot Bali, kedua wilayah ini justru akan mempererat hubungan melalui kegiatan Wonderful Indonesia Fremantle to Bali Race and Rally 2015. Kegiatan lomba layar ini digelar untuk menarik lebih banyak kapal layar atau yacht dan para pelaut internasional ke Tanah Air untuk menyambangi berbagai pulau dan budaya Indonesia. Setidaknya, kegiatan ini akan mendatangkan wisatawan lebih dari 500 orang ke Indonesia khususnya Bali. Selain itu, acara ini juga untuk mempromosikan pariwisata bahari dan meningkatkan citra pariwisata Indonesia di dunia, serta memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia.

Perlombaan ini pertama kali diperkenalkan pada 1981 dan terus diadakan pada 1986, 1988, 1990, 1993 dan 1997. Sejak 1997 hingga 2011 sempat terhenti dan baru kembali digelar pada 2013 hingga sekarang.

Fremantle sendiri merupakan sebuah kota di pantai barat Australia, letaknya sekitar 19 kilometer barat daya dari Central Business District Perth. Kota dengan sebutan Freo ini dinamai dari nama Charles Howe Fremantleyang didirikan pada 1829.

Acara Wonderful Indonesia Fremantle to Bali Race and Rally diselenggarakan oleh Fremanlte Sailing Club (FSC) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kegiatannya meliputi lomba race boat dan rally boat yang dimulai pada 16 Mei pukul 10.00 waktu setempat. Race boat memakan waktu 6-8 hari, sementara perjalanan rally boat bisa menghabiskan waktu 10-14 hari.

Titik start dimulai dari Pelabuhan Fremantle dan finish di Pelabuhan Benoa, Bali. Para peserta akan berlayar dalam format pelayaran bersama tanpa perlombaan dan melakukan satu atau dua kali pemberhentian di garis pantai Australia Barat sebelum menyeberangi samudera terbuka ke perairan Indonesia.

Setelah menyentuh garis finish di Pelabuhan Benoa, peserta akan menikmati pesta, acara persahabatan dan acara sosial yang berlokasi di pantai. Setelah itu, peserta masih dapat mengeksplorasi pulau-pulau Indonesia lainnya bersama Beyond Bali Cruising. Peserta akan dibawa menjelajahi Kepulauan Gili, Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan sekitarnya.

Wonderful Indonesia Fremantle to Bali Race and Rally melibatkan setidaknya 33 kapal. Kebanyakan peserta tertarik untuk ikut acara ini karena nama “Beyond Bali” yang sangat menjanjikan. Beyond Bali sendiri merupakan penyedia jasa untuk para pelayar yang ingin mendapatkan petualangan menjelajahi laut di wilayah timur Indonesia.

Perlombaan ini juga dapat dilihat melalui website sehingga memungkinkan untuk keluarga dan kerabat agar bisa terus mengamati serta memberi semangat kepada peserta selama acara berlangsung.

Untuk informasi selanjutnya dan keikutsertaan bisa dilihat di  www.fremantlebali.com.au.