Liburan Saat Musim Sepi Turis di Aman

February 15th, 2017 / / Comments Off on Liburan Saat Musim Sepi Turis di Aman
Posted in Newsflash

Masa kunjung terbaik suatu destinasi biasanya berdasarkan cuaca yang kondusif untuk berjalan-jalan mengeksplor kotanya: tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu dingin. Di lain waktu, ketika salju atau hujan terus turun, banyak orang yang enggan untuk keluar, sehingga banyak atraksi wisata di sekitarnya yang sepi. Begitu pula dengan sejumlah hotelnya yang jumlah tamunya menurun. Karena itulah jaringan hotel Aman menawarkan penawaran istimewa di beberapa propertinya dengan harapan tamu tetap berdatangan dan dapat menikmati pengalaman liburan yang unik di kala berkunjung.

Aman Tokyo, Jepang

Turis berdatangan ke Tokyo di musim semi antara Maret hingga Mei, ketika sakura bermekaran di taman-tamannya. Sementara saat musim sepi turis, yaitu musim dingin antara November hingga Februari, langit biru yang cerah memungkinkan tamu yang menginap di Aman Tokyo dapat melihat Gunung Fuji dari jendela kamar. Day trip ke Nagano untuk bermain ski dan berendam di onsen juga bisa dilakukan, karena hanya 60-90 menit naik kereta dari Stasiun Tokyo (yang bisa dicapai dengan lima menit jalan kaki dari Aman Tokyo). Turnamen sumo pertama selalu digelar Januari, diikuti oleh berbagai festival lainnya, seperti Hatsumode (berkunjung ke kuil di Tahun Baru), Setsubun (festival lempar kacang kedelai untuk buang sial), dan Daruma Doll Fair. Pengalaman kuliner juga bakal berlimpah di bulan-bulan musim dingin, ketika kepiting, tiram, ikan buntal, ikan ekor kuning, bulu babi, dan kodok laut memenuhi meja makan, sementara semangkuk ramen hangat siap menghangatkan tubuh. Ada pula plum blossom, yang bakal mekar Februari dan bisa dinikmati tanpa kerumunan turis.

Aman Venice, Italia

Bila musim panas menawarkan perairan hijau dan pesona menawan dari kepulauan Lagoon, musim dingin lah yang membuat Venesia memiliki julukan La Serenissima – kota paling tenang. Bulan-bulan yang dingin, yaitu dari Oktober hingga Maret, menawarkan kesempatan untuk menaiki gondola dan menyusuri kanalnya yang berkelok-kelok dengan mudah. Pengunjung dapat mencicipi cokelat hangat di Caffè Florian, kafe tertua di dunia, setelah berjalan-jalan mengeskplor galeri seninya yang sepi. Di lain waktu, mereka juga dapat mengeksplor pusat kota Treviso yang dikelilingi tembok dengan gerbang abad pertengahan, jalan-jalan berbatu, dan kanal mungil; serta kawasan perkebunan anggur di Provinsi Verona yang terkenal: Soave, Bardolino, dan Valpolicella.

Amankora, Bhutan

Bhutan yang baru belakangan ini mulai membuka diri terhadap pariwisata menawarkan banyak tempat yang masih belum banyak tersentuh oleh turis asing. Puncak Himalaya yang meski tampak megah dan menguarkan aura yang sulit ditaklukkan, dapat dikunjungi sepanjang tahun: entah saat musim panas ketika banyak bunga liar bermekaran, atau saat musim dingin ketika langitnya menjadi latar sempurna bagi panorama spektakuler yang terhampar di depan mata. Saat November hingga Maret, ketika temperatur berkisar 7-20 derajat Celsius saat siang dan bisa semakin dingin di malamnya, merupakan waktu yang tepat bagi tamu untuk mengeksplor lanskap di sekitarnya, kemudian kembali menjelang malam untuk menghangatkan diri di depan perapian di lodge Amankora yang nyaman sambil menikmati hot cider dan spiced milk tea. Keesokannya, awali pagi dengan berjalan kaki di sekitar properti sambil melihat yak yang melewati kawasan pegunungan dan burung yang bermigrasi di atas sungai yang sejernih kristal, lalu mendaki Paro Taktsang yang terkenal dan melihat black-necked crane (Grus nigricollis) yang langka di Gangtey.

Amangalla dan Amanwella, Sri Lanka

Walau high season di Sri Lanka biasanya berlangsung dari November hingga April, sebenarnya tak ada waktu yang buruk untuk berkunjung ke negara tropis ini. Bahkan hujan yang sering turun di Mei hingga Oktober merupakan waktu terbaik untuk berselancar di pesisir selatannya, selain menawarkan kesempatan untuk menikmati Galle Fort, perkebunan teh, dan kuil-kuilnya yang populer tanpa harus berdesakan dengan turis. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mengenal kebudayaan setempat dengan mengunjungi desa Angulmaduwa dan Dickwella dari Amanwella, ketika cara pembuatan peralatan dari kuningan dan renda Beeralu diperlihatkan; atau bersepeda menyusuri desa-desanya yang tenang, berpiknik di tengah sawah, dan barangkali berhasil menemukan satu-dua buah pernak-pernik dari kuningan di workshop tradisional untuk suvenir. Alternatif lainnya adalah mengunjungi toko-toko antik dan mengikuti kelas memasak untuk mengungkap rahasia di balik kelezatan makanan Sri Lanka.  

Amanusa, Amankila, Amandari, Bali 

November hingga Maret merupakan bulan-bulan ketika turis enggan datang, namun di saat inilah banyak momen menarik yang fotogenik, seperti Makepung (lomba pacu kerbau) yang berlangsung November, hari raya Pura Ulun Danu Beratan tiap Januari, dan BaliSpirit Festival yang membuat Ubud menjadi pusat musik, tari, dan yoga selama Maret. Tiga resor Aman di Bali menawarkan akses mudah ke berbagai destinasi menarik di Bali (Amanusa dekat Legian dan Seminyak, Amankila dekat Tenganan dan Ujung Water Palace, dan Amandari di dekat Sungai Ayung), sementara fasilitasnya pun sudah dilengkapi spa, tur budaya, dan aktivitas lainnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan tamu.

Amanfayun, China

Merupakan salah satu destinasi utama di China karena kaya sejarah dan keindahan alamnya, Hangzhou merupakan rumah bagi West Lake, Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikelilingi taman dan pagoda. Dapat dikunjungi sepanjang tahun dengan masing-masing musim memiliki pesonanya sendiri, Hangzhou paling ramai saat musim semi antara Maret hingga Mei, dan musim gugur antara September hingga November. Sementara musim dingin, kecuali Tahun Baru Imlek, merupakan musim sepi turis, sehingga memungkinkan untuk mengunjungi berbagai atraksinya, dari kuil, tepi danau, hingga perkebunan teh, tanpa harus saling menunggu untuk sekadar memotret objek cantik, atau dapat menikmati sepenuhnya panorama yang lain dari biasanya karena hanya ada segelintir orang saja. Bila ingin menginap di sini, Amanfayun bakal menjadi akomodasi yang nyaman selama musim dingin dengan Aman Spa yang menawarkan berbagai menu relaksasi dan sejumlah restoran yang bejejer di Fayun Pathway. Menempati area seluas 14 hektar di sisi barat West Lake, resor ini memiliki 47 hunian yang dikelilingi perkebunan teh.  

Amanbagh, India

Terkenal dengan udara panas, kerumunan orang, dan warna eksotis, India justru ramai di musim dingin antara Desember hingga Maret ketika turis mengerubungi Taj Mahal saat fajar dan melihat kota-kota yang didominasi warna biru dan merah muda di Rajasthan. Namun, tersembunyi di Aravalli Hills, Amanbag menawarkan akomodasi yang tenang di tengah musim turis, dan sama memikatnya di bulan-bulan lain. Saat musim hujan, yaitu antara Agustus hingga September, tamu dapat menikmati transformasi Aravalli Hills dari yang tadinya kering menjadi hijau. Cuacanya masih hangat dan lembap, dengan suhu maksimum 26 – 30 derajat Celsius, namun ini merupakan waktu ideal bagi fotografer untuk memotret Rajasthan. Banyak festival suci digelar di bulan-bulan ini dan para peziarah berjalan selama berhari-hari untuk mengunjungi kuil, menerima berkat, dan mengumpulkan air suci. Ziarah ini biasanya melalui daerah pedesaan di Rajasthan, termasuk lokasi Amanbagh berada. Selain itu, mendaki bukit-bukitnya juga direkomendasikan. Karena banyak pasokan air di area tersebut, satwa liar pun mudah ditemui saat berjalan kaki di pagi hari.