Layanan Smart Check-in Japan Airlines

October 24th, 2019 / / Comments Off on Layanan Smart Check-in Japan Airlines
Posted in Newsflash

Japan Airlines (JAL) mengumumkan layanan baru yang menghadirkan mesin setor bagasi dan sistem pemindai wajah di Bandara Internasional Narita. Langkah ini diambil untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan penumpang untuk naik pesawat.

Mengusung konsep JAL Smart Airport, sistem teknologi terbaru ini menjamin penumpang melalui proses check-in lebih lancar dari sebelumnya, apalagi dalam operasionalnya akan ada staf maskapai yang dapat membantu. Sistem setor bagasi ini mulai dijalankan pada 28 Oktober 2019, yang tersedia di Terminal 2. Akan ada tujuh mesin yang dapat digunakan penumpang seusai mereka melakukan check-in yang juga melalui mesin otomatis yang terdapat di dekatnya. JAL menjanjikan akan menambah tujuh mesin setor bagasi lagi pada April 2020.

Maskapai nasional Jepang ini juga mengaplikasikan teknologi pindai wajah dalam proses pemeriksaan keamanan di pintu masuk dan pintu gerbang keberangkatan di Terminal 2, yang akan diberlakukan saat musim semi 2020. Nantinya, saat proses check-in, penumpang akan dipindai wajahnya untuk kemudian lanjut ke tahap pemeriksaan dan naik ke pesawat tanpa perlu menunjukkan dokumen perjalanan. Sistem ini dikenal sebagai proses One ID yang rencananya akan diberlakukan tahun depan.