Langkah Keamanan Baru Diperkenalkan Bandara Internasional Hamad

May 20th, 2020 / / Comments Off on Langkah Keamanan Baru Diperkenalkan Bandara Internasional Hamad
Posted in Newsflash

Bandara Internasional Hamad (HIA), Doha memperkenalkan langkah-langkah keamanan baru sebagai bagian dari persiapan pasca-virus corona. HIA menyediakan robot dan helm canggih untuk mengukur suhu penumpang.

Smart Screening Helmet adalah helm portabel yang dipakai untuk mengukuran suhu tubuh tanpa melakukan kontak. Helm ini menggunakan beberapa teknologi, termasuk pencitraan termal inframerah, kecerdasan buatan, dan tampilan AR (Augmented Reality). HIA juga berinvestasi dengan menyediakan robot disinfektan, merupakan perangkat seluler yang sepenuhnya otonom dan memancarkan cahaya UV-C terkonsentrasi, yang dikenal efektif dalam menghilangkan sebagian besar mikroorganisme menular.

Bandara menyediakan sanitiser bagi penumpang, yang tersedia di lokasi-lokasi utama dan berupaya untuk memastikan menjaga jarak sosial 1,5 meter di semua titik sentuh penumpang di sekitar bandara, melalui tanda di lantai, signage, dan jarak tempat duduk. Semua gerai ritel dan makanan dan minuman di HIA menghimbau untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai dan merencanakan pembelian produk secara daring atau menggunakan aplikasi di masa mendatang.

HIA juga berinvestasi menyediakan terowongan disinfeksi ultraviolet yang akan digunakan untuk mendisinfeksi semua bagasi penumpang yang berangkat, tiba, dan transfer, juga melakukan disinfeksi rutin terhadap semua troli bagasi.

HIA menekankan penggunaan masker dan sarung tangan, serta menjalankan sistem deteksi masker menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi visi komputer yang secara otomatis mendeteksi saat seseorang menggunakan masker. Bandara rutin dibersihkan dan didisinfeksi di semua area kontak setiap 10-15 menit, sembari memastikan semua orang memiliki akses ke tempat membersihkan tangan.