Korea Mulai Menjaring Wisatawan Medis

July 24th, 2019 / / Comments Off on Korea Mulai Menjaring Wisatawan Medis
Posted in Newsflash

Korean Wave atau Hallyu merupakan gelombang budaya pop Korea yang kini mendunia. Namun, tak hanya Korean Wave saja yang menjadi identifikasi terkini dari Negeri Ginseng, melainkan juga mulai terangkat dalam hal teknologi dan pelayanan medisnya.

Bagi pengunjung Indonesia, bidang medis Korea memang belum menjadi sasaran utama, walau begitu, angka 250 ribu wisatawan tanah air yang berkunjung untuk berwisata di sana merupakan jumlah menjanjikan untuk waktu ke depannya, yang diperkirakan akan menyasar wisata medis. Promosi pariwisata makin dikembangkan guna mencapai angka 300 ribu untuk jumlah kunjungan di tahun mendatang.

Berkaitan dengan itu, Korea Tourism Organization (KTO) menggelar Korea Medical & Wellness Tourism Roadshow pada 19-21 Juli 2019. Berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, inti acara tersebut terdiri dari B2B (Business to Business) yang dihadiri sejumlah institusi medis dan industri terkait dari Korea, serta B2C (Business to Customer) yang digelar di Emporium Pluit Mall, yang mendatangkan tim pertunjukan non-verbal CHEF dan Painters, termasuk konsultasi, dan diskusi perihal kecantikan.

Mengenai ini, Han Hwa Joon selaku Eksekutif Direktur Pengembangan Produk Wisata KTO menyatakan bahwa, “Tren pariwisata medis dari Indonesia ke Korea cukup positif untuk saat ini. Tahun lalu terdapat 3.270 wisatawan medis dari Indonesia ke Korea, meningkat 37 persen dari tahun sebelumnya. Indonesia sebagai salah satu kunci penting untuk diversifikasi pasar pariwisata Korea di Asia Tenggara, sehingga kami terus berusaha mempromosikan pariwisata medis Korea kepada masyarakat Indonesia.”

Kehadiran acara ini diharapkan akan menjadi stimulan dari rangkaian acara kolaboratif antara Indonesia dan Korea untuk meningkatkan kegiatan pariwisata antara kedua negara, termasuk untuk bidang kesehatan dan kecantikan.