Korea MICE Roadshow 2019

April 12th, 2019 / / Comments Off on Korea MICE Roadshow 2019
Posted in Newsflash

Selain sebagai destinasi wisata, Korea kini berkembang sebagai tujuan kegiatan bertema MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions). Menurut catatan Union of International Associations (UIA) pada 2017 lalu, Korea menjadi negara yang paling banyak menyelenggarakan meeting, yakni sebanyak 1.105 rapat. Fakta lain juga mencuat bahwa Seoul dan Busan menjadi tujuan favorit penyelenggaraan kegiatan MICE.

Pencapaian yang luar biasa ini tentu saja dibarengi dengan pelayanan terbaik dan infrastruktur yang mendukung. Ditambah kemudahan akses untuk mencapai Korea melalui Bandara Internasional Incheon yang merupakan salah satu bandara terbaik di dunia selama 12 tahun berturut-turut, yang dapat dituju dari 59 negara lainnya di dunia. Data terbaru menunjukkan jumlah wisatawan MICE ke Korea pada 2018 meningkat 50 persen dari 2017, membuktikan bahwa Korea semakin menjanjikan sebagai destinasi MICE.

Bertalian dengan itu Korea Tourism Organization (KTO) mengelar Korea MICE Roadshow 2019 di Hotel Mulia Jakarta pada 11 April 2019. KTO memfasilitasi pelaku bisnis wisata MICE Korea dengan penggerak bisnis wisata MICE di di Indonesia. Pertemuan berformat B2B (business-to-business marketing) ini menghadirkan 26 perwakilan dari Korea, terdiri dari hotel, resor, agen perjalanan, tempat wisata, dan pemerintah daerah.

Dalam roadshow pun disampaikan sejumlah alasan mengapa Korea begitu menarik sebagai tujuan MICE, antara lain karena:

Venue yang Unik

Tak hanya terbatas pada gedung-gedung konvensi atau ballroom berkapasitas besar, Korea menawarkan tempat-tempat pertemuan dengan eksterior dan kegiatan unik, tentu dengan maksud agar kegiatan MICE meninggalkan kesan istimewa. Salah satu tempat MICE unik yang ditawarkan adalah kompleks hanok (pusat kebudayaan) yang nantinya dapat menggelar kegiatan mencicipi makanan kerajaan yang autentik, mencoba hanbok (pakaian tradisional Korea), bermain samulnori (perkusi tradisional Korea) dan janggu (semacam gendang), membuat teh hijau Korea, dan sebagainya.

Ruangan Tematik

Selain menawarkan area MICE yang unik, ruangan-ruangan yang tersedia menawarkan tema-tema menarik. Seperti Spirited Garden yang berada di Pulau Jeju, yang didesain dengan tujuh taman berdasarkan lanskap alam Jeju yang ikonik dengan perairan dan gunung berapi. Di area taman yang asri tersebut sangat mungkin untuk menggelar jamuan makan hingga konferensi skala internasional.

Menawarkan Panorama Terbaik

Satu keunggulan tempat-tempat pertemuan bisnis di Korea adalah dirancang dekat dengan area berpanorama menawan. Sebut saja The Bay 101 yang berada di kawasan Pantai Haeundae di kota Busan. Pemandangan tepi pantai ini menjadi penyegar saat kegiatan MICE berlangsung.