Kini Ada Komunitas Selam Wanita Indonesia

July 26th, 2016 / / Comments Off on Kini Ada Komunitas Selam Wanita Indonesia
Posted in Newsflash

Indonesia kini memiliki komunitas penyelam wanita, setelah pada Rabu (20/7) Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan terbentuknya Women in Dive (WID) di gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Komunitas ini awalnya terinspirasi oleh kegiatan internasional PADI Women’s Dive Day yang merupakan acara tahunan lembaga sertifikasi PADI yang diikuti lebih dari 65 negara dan 6000 penyelam di seluruh dunia.

Persemian komunitas WID ini berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Jakarta. Hadir pada peresmian tersebut, selain Menteri Pariwisata Arief Yahya, Nunung Hasan , ketua WID yang mendampingi Menpar. Dan juga para selebritis wanita yang juga penyelam, seperti Davina, Gemala, Marischka Prudence, dan Dayu Hatmanti.

Menurut PADI, 46 persen penyelam yang disertifikasi di Indonesia adalah perempuan. Maka tidak salah jika wanita mempunyai peranan penting dalam dunia penyelaman Indonesia. Mulai dari menarik banyak orang, teman , kerabat atau pun pasangannya untuk mencintai dunia bawah laut Indonesia. Semakin banyak yang berwisata selam sekaligus ikut menjaga kelestarian alamnya.

Indonesia sendiri memiliki tempat menyelam atau dive sites sebanyak 33 titik di seluruh perairan Indonesia. Di antaranya ada urutan 10 dive sites terpopuler yaitu, Bali, Lombok, Manado (Bunaken dan Lembeh), Labuhan Bajo ( Perairan Pulau Komodo), Wakatobi, Togean, Alor, Ambon – Banda, Raja Ampat dan Derawan.

Arief Yahya dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam survei, wanita menyukasi tiga hal dalam berwisata, yaitu keindahan, belanja dan kuliner.

“Nanti jika ingin menjual paket menyelam untuk wanita saya sarankan memadukan kuliner dan menyelam. Dive and Dine merupakan paduan yang menarik, “ ujar Arief Yahya.

Akan ada berbagai program menarik dari komunitas WID ini. Sebagai permulaan akan dikampanyekan bagi setiap penyelam membawah kantong sampah atau trash bag setiap kali mereka melakukan penyelaman di mana pun. Diharapkan program ini dapat meninspirasi setiap penggemar kegiatan bawah air agar terus menjaga kelestarian alam laut.

 

Sumber: tourismvaganza.com