Kemlu Meluncurkan Aplikasi Safe Travel

April 16th, 2018 / / Comments Off on Kemlu Meluncurkan Aplikasi Safe Travel
Posted in Newsflash

Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia meluncurkan aplikasi Safe Travel yang bertujuan untuk membantu warga Indonesia yang berada di luar negeri. Dengan jumlah pengunjung asal Indonesia keluar negeri yang meningkat hingga 9,1 juta orang pada 2017, tentunya masalah perlindungan WNI (Warga Negara Indonesia) menjadi prioritas Kemlu.

Menurut Retno Marsuadi, Menteri Luar Negeri  Republik Indonesia dalam acara peluncuran aplikasi ini di Mall Central Park, Jakarta pada 14 April 2018 mengungkapkan, “Masalah perlindungan WNI di luar negeri merupakan prioritas politik luar negeri kami. Aplikasi ini berupaya untuk melindungi WNI saat bepergian ke mancanegara, salah satunya dengan mengirimkan SMS alamat dan kontak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) hingga peta lokasi aman di negara yang dituju.” Sebenarnya Kemlu sudah mengembangkan aplikasi ini sejak Januari 2015, namun masih dalam bentuk peta. Kini, Safe Travel bisa digunakan melalui platform Android, iPhone, dan lainnya.

Aplikasi ini mencakup informasi dari 180 negara, meliputi tingkat keamanan dan kerawanan suatu negara yang ditandai dengan indikator warna, informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan kontak perwakilan Indonesia maupun KBRI setempat, termasuk informasi alamat Konsulat Jenderal RI. Para pengguna aplikasi bisa mengetahui lebih lanjut mengenai hukum dan tata aturan yang berlaku di negara yang akan atau sedang dikunjunginya, seperti informasi mata uang, tempat ibadah, jenis colokan listrik, lokasi wisata, hingga informasi kuliner Indonesia. Jika berada dalam keadaan darurat, pengguna aplikasi dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, mengirim lokasi kejadian atau menghubungi perwakilan RI terdekat.