Juli Mendatang Machu Picchu Siap Menyambut Wisatawan Lokal

June 17th, 2020 / / Comments Off on Juli Mendatang Machu Picchu Siap Menyambut Wisatawan Lokal
Posted in Newsflash

Juli mendatang, Machu Picchu – Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di Peru akan dapat dikunjungi kembali oleh wisatawan lokal. Walau begitu, dengan situasi pandemi yang masih berlangsung dan penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), objek wisata yang disebut Kota Inca yang Hilang ini mesti membatasi jumlah pengunjung setiap harinya.

Mengingat perlunya jarak sosial yang aman antar pengunjung, pihak pengelola Machu Picchu menetapkan hanya 675 pengunjung setiap hari yang diizinkan untuk berwisata. Padahal, biasanya Machu Picchu dapat dikunjungi hingga 3.000-an orang tiap hari. Dalam pelaksanaannya, pemandu hanya akan memimpin tur yang terdiri tujuh pengunjung dan setiap orang wajib mengenakan masker.

Machu Picchu yang terbuka untuk publik sejak 1948 ini termasuk dalam salah satu situs sejarah yang mengalami penutupan sementara demi mencegah penyebaran Covid-19. Selama penutupan, pemerintah memperketat keamanan sekitar situs sejarah untuk mencegah pencurian harta arkeologis.

Semenjak pandemi berlangsung, industri pariwisata Peru menderita kerugian hingga 3,3 miliar dolar Amerika. Dengan pelonggaran setelah pemerintah mencabut kebijakan karantina dan pembatasan kegiatan, diharapkan sektor pariwisata Peru dapat bangkit kembali, di mana turis lokal dapat melakukan penerbangan lagi sekitar Juli atau Agustus, namun belum ada keputusan mengenai pembukaan jalur perbatasan dan kapan turis asing dapat berkunjung.