Joe Taslim: Harimau Sumatera Simbol Patriotisme

March 20th, 2015 / / Comments Off on Joe Taslim: Harimau Sumatera Simbol Patriotisme
Posted in Newsflash

Joe Taslim yang menguasai wushu, judo, dan taekwondo pernah mengharumkan Indonesia dengan meraih emas dari cabang judo di SEA Games 2007, sebelum kemudian membintangi The Raid: Redemption (2012) dan Fast and Furious 6 (2013). Dengan nama besarnya itu, ia berkomitmen untuk bertindak nyata menyelamatkan satwa asli Indonesia yang terancam punah dengan menjadi WWF Warrior. Berikut bincang-bincang kami dengannya seputar harimau yang di Sumateri dijuluki Datuk dari Andalas.

 

Yang dikagumi dari harimau Sumatera?

Harimau Sumatera memiliki peran besar sebagai penyeimbang ekosistem, selain hewan gagah ini juga dianggap sebagai datuk yang dihormati dan berperan penting dalam menyelaraskan kehidupan manusia dengan alam. Itulah sebabnya harimau juga banyak hadir dalam kearifan lokal masyarakat yang hidup di sekitar hutan, misalnya di Minangkabau ada jurus silat harimau yang tercipta untuk menghormati keberadaan harimau sebagai penjaga hutan.

 

Yang menginspirasi untuk mendukung gerakan penyelamatan harimau Sumatera?

Kebetulan saya lahir di Sumatera Selatan dan bagi masyarakat Sumatera Selatan, harimau Sumatera adalah simbol patriotisme dan kekuatan. Karena harimau dekat dengan tempat kelahiran saya dan saat ini status hewan tersebut terancam punah, maka saya terpanggil untuk melakukan sesuatu dalam kapasitas saya. Dari tiga jenis harimau yang ada di Indonesia, hanya harimau Sumatera yang masih bertahan karena harimau Jawa dan Bali sudah dinyatakan punah. Sebagai orang Indonesia, saya tidak ingin harimau punah dari negara ini, sehingga merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu untuk menyelamatkan kebanggaan Indonesia tersebut.

 

Yang akan dilakukan bersama WWF sebagai Tiger Warrior?

Di akhir 2014 atau awal 2015 ini akan berkunjung ke lokasi kerja WWF Indonesia yang fokus untuk kelestarian Harimau Sumatera. Letaknya di dalam area taman nasional dengan medan yang berat sehingga cukup sulit diakses karena statusnya sebagai kawasan lindung.

 

Yang diharapkan dari pemerintahan baru terhadap pelestarian harimau?

Tentunya agar pemerintah bisa lebih tegas dalam menindak pelaku perburuan dan perdagangan harimau Sumatera beserta bagian-bagian tubuhnya. Saya juga berharap pemerintah bersedia memperbanyak edukasi kepada publik demi meluruskan mitos-mitos yang tidak benar seputar khasiat tubuh harimau.

 

Bagaimana masyarakat bisa ikut membantu pelestarian harimau Sumatera secara konkret?

Dengan tidak mendukung, membeli, atau memiliki bagian tubuh harimau dalam bentuk apa pun. Masyarakat juga dapat mulai untuk lebih bijak dalam memilih produk-produk hasil hutan, yaitu bisa dengan selalu menggunakan produk yang sudah lestari, seperti tisu dengan logo sertikasi Forest Stewardship Council (FSC). Dengan memilih produk yang diproses secara bertanggung jawab, maka secara tidak langsung sudah membantu menyelamatkan hutan Sumatera yang merupakan rumah sang raja hutan. Masyarakat juga dapat bergabung secara aktif  ke dalam program donasi Tiger Warrior-WWF Indonesia untuk membiayai berbagai usaha pelestarian Harimau Sumatera.