Jembatan Terpanjang Ini Hubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Macao

October 31st, 2018 / / Comments Off on Jembatan Terpanjang Ini Hubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Macao
Posted in Newsflash

Cara tercepat untuk melakukan perjalanan dari Hong kong ke Macao adalah dengan naik feri. Namun, bahkan bila semuanya berjalan sesuai rencana, penyeberangan ini berlangsung selama 55 menit, atau bahkan lebih tergantung kondisi cuaca. Sementara yang ingin naik feri langsung dari Hong Kong International ke Zhuhai yang berbatasan dengan Macao di selatan, durasi perjalanannya sekitar empat jam.

Namun hal ini berubah setelah Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge beroperasi. Terdiri Hong Kong Link Road (12 kilometer), Main Bridge (29.6 kilometer), dan Zhuhai Link Road (13,4 kilometer), jembatan sepanjang 55 kilometer ini merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia yang menghubungkan tiga kota besar di kawasan Delta Sungai Mutiara, yaitu Hong Kong, Zhuhai, dan Macao. Berkat jembatan ini, durasi perjalanan dari Bandara Internasional Hong Kong ke Zhuhai menjadi 45 menit saja.

Dibangun sejak sembilan tahun yang lalu, proyek senilai 2,27 miliar dolas AS ini tak hanya memastikan perjalanan antarkota Hong Kong, Zhuhai, dan Macao semakin nyaman, namun juga memacu pariwisata regional di Greater Bay Area di selatan Cina dengan akses yang semakin mudah ke kota-kota besar seperti Guangdong dan Shenzhen. Selain sangat panjang, jembatan ini juga mengandung cukup banyak baja untuk membangun 60 Menara Eiffel dan dirancang agar dapat bertahan hingga 120 tahun, atau kira-kira dua dekade lebih lama dari umur jembatan lintas laut kebanyakan.

Hong Kong Zhuhai Macao Bridge Shuttle Bus merupakan salah satu layanan bus baru yang menghubungkan tiga kota tersebut melalu jembatan tersebut. Pemesanan kursinya dapat melalui konter maupun mesin penjual tiket di dalam ruang keberangkatan di tiga fasilitas kontrol perbatasan yang disebut Passenger Clearance Buildings. Meskipun Hong Kong dan Macao adalah bagian dari China, kedua kota tersebut diatur di bawah kerangka hukum yang terpisah. Ini berarti Anda harus melewati imigrasi di akhir perjalanan dan membawa dokumen perjalanan yang valid bersama Anda.

Bus ini beroperasi 24 jam sehari dengan harga tiket mulai 65 dolar Hong Kong per sekali jalan – lebih murah daripada tiket feri standar. Terminal bus di setiap kota terletak di Passenger Clearance Buildings, yang semuanya dapat dicapai dengan mudah dari pusat kota. Jadwal bus dapat ditemukan di sini, meskipun waktu keberangkatan dapat bervariasi selama periode pembukaan.

Operator lain yang menawarkan perjalanan privat melewati jembatan tersebut adalah One Bus Hong Kong Macau Limited dengan rute antara Kwun Tong, kawasan di sisi timur Kowloon, Hong Kong, dengan beberapa hotel di Macao. Durasi perjalanannya tak lebih dari dua jam dengan lokasi pembelian tiket yang dapat dilihat di sini.

Sementara Trans-Island Limousine menawarkan 400 bus tiap harinya yang menuju tiga kota tersebut. Perusahaan tersebut mengklaim perjalanan dari Tsim Sha Tsui, distrik belanja di Hong Kong, ke perbatasan Zhuhai hanya membutuhkan waktu sekitar 75 menit. Penumpang dapat menemukan semua lokasi pemberhentian di situs resminya dengan tarif mulai 120 dolar Hong Kong sekali jalan.