Jalan Kaki Bersama GuruWalk

September 13th, 2018 / / Comments Off on Jalan Kaki Bersama GuruWalk
Posted in Newsflash

Ada banyak cara untuk mengenal destinasi yang sedang dikunjungi, salah satunya dengan berjalan kaki di sekitar area penginapan atau saat mengeksplor atraksi wisata. Bagi mereka yang gemar menikmati suasana kota dengan berjalan kaki, GuruWalk dapat membantu para pejalan untuk berwisata layaknya orang lokal dan mengunjungi tempat-tempat yang tak biasa. GuruWalk adalah komunitas global pertama yang melakukan tur berdasarkan tips dari partisipan, di mana GuruWalk membebaskan siapa saja untuk reservasi tur dengan biaya terjangkau ini ke mana pun dan siapapun dapat menjadi pemandu di kotanya sendiri, di seluruh dunia. Untuk reservasi, partisipan tidak dikenakan biaya, sedangkan turnya sendiri tidak memiliki harga yang pasti, hal ini tergantung dari partisipan tur yang dapat memberikan tips sukarela sesuai bujet dan pengalaman yang ia dapatkan.

Juan Castillo sang pendiri GuruWalk mengatakan, “Kami menyadari bahwa banyak orang memiliki pengetahuan yang banyak akan kota tempat tinggalnya dan memiliki keinginan untuk berbagi, tapi tidak semua dari mereka yang dapat meluncurkan situs pribadi atau kampanye marketing untuk berkomunikasi langsung dengan para pejalan. Lebih dari itu, di destinasi seperti Kuba, ditemukan peningkatan pengalaman saat plesiran tapi mengalami kendala karena keterbatasan narasumber. Tur-tur ini tentu saja akan memberi keuntungan bagi komunitas lokal saat mereka mengambil langkah perihal arus pariwisata dan mencari sumber pemasukan lain.”

Perkembangan GuruWalk semakin berkembang, di mana rata-rata dalam seminggu saja terdapat peningkatan reservasi hingga 20 persen, dengan catatan saat ini sudah terdaftar sekitar 1.000 guruwalks di lebih dari 60 negara. Setiap minggunya, terdapat sekitar 40 tur yang berjalan, yang jadwal perjalannya biasanya terdiri dari beragam tema, mulai dari gastronomi, sejarah, olahraga, seni, hiburan malam, arsitektur, dan masih banyak lagi. Beberapa tur menarik yang kerap diadakan GuruWalk adalah Tur Harry Potter di London, Tur Bir di Wina, Tur Pablo Escobar di Medellin, dan Tur Game of Thrones di Dubrovnik.

Yang menarik dan berbeda dari GuruWalk dibandingkan dengan tur wisata pada umumnya adalah partisipan bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi kota tersebut dari sudut pandang penduduk setempat dan dapat terhindarkan dari tempat-tempat yang terlalu turistik. Di samping itu, dengan sistem pembayaran berdasarkan tips di akhir, menjadikan tur semakin seru dan penuh informasi karena para pemandu berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik. Biasanya, partisipan akan memberi tips sekitar 10 euro, tapi sebagian orang dapat memberikan sesuai kepuasan yang mereka rasakan selama mengikuti tur. Untuk informasi jadwal tur yang akan datang, pantau terus GuruWalk.