Jalan-jalan dengan Google

June 10th, 2014 / / Comments Off on Jalan-jalan dengan Google
Posted in Newsflash

Melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya memang menyenangkan. Namun sering juga kita dipusingkan oleh informasi di lapangan yang kurang memadahi. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang membuat kita semakin sering mengantongi ponsel pintar, Google yang selama ini kita kenal hanya sebagai mesin pencari, ternyata sudah menjelma menjadi sebuah asisten pribadi. Bahkan dalam sebuah perjalanan.

  1. Tak perlu mengetik, tanyakan saja! Daripada sibuk mengetik pertanyaan pada keyboard di layar yang sempit, tanyakan saja langsung pada Google dengan menekan ikon tombol audio search (mikrofon). Anda bisa bertanya, misalnya: “Stasiun kereta Pasar Turi Surabaya” dan segala informasi yang bersangkutan akan segera muncul di layar ponsel Anda.
  2. Bingung menterjemahkan? Aplikasi Google Translate adalah kamus berjalan serba guna yang selalu tersedia di saku Anda. Bila Anda sedang berada di sebuah rumah makan dengan bahasa di menu makanan yang tidak Anda pahami, tak perlu repot menulis ulang menu tersebut pada aplikasi translate atau berdebat dengan pelayan yang tak menguasai bahasa Inggris. Cukup dengan memotret tulisan yang ada di menu dengan menggunakan ikon kamera di Google Translate. Ponsel Anda akan mengecek secara otomatis foto Anda dan menerjemahkannya secara langsung. Begitu juga dengan mode suara, Anda tinggal merekam pembicaraan dan Google akan menerjemahkannya.
  3. Perlu visual? Saat berada di sebuah perjalanan, kadang kita bingung dengan bentuk visual tempat yang kita tuju. Tak perlu bingung, Anda bisa menanyakannya pada Google dan dalam sekejap, semua foto tentang objek yang Anda tuju akan tampil lengkap dengan informasi yang Anda butuhkan.
  4. Ada apa dengan hari ini? Google Now adalah aplikasi yang sesuai untuk Anda yang akrab dengan traveling. Setiap harinya Anda akan menerima informasi tentang kondisi perjalanan yang akan Anda lalui. Berapa lama untuk menuju ke bandara, apakah pesawat Anda delay, atau informasi restoran terdekat saat Anda sedang berada di luar kota.
  5. Konversi suhu dan mata uang. Ingin jalan-jalan ke Jepang tapi bingung dengan nilai tukar resmi yang berlaku? Anda bisa langsung ketik, misalnya 4000000 idr to jpy dan biarkan Google bekerja untuk Anda. Begitu juga saat Anda ingin masak dengan resep masakan yang menggunakan standar Fahrenheit namun kompor Anda menggunakan standar Celsius. Ketik saja, misalnya 365 f to c.
  6. Alarm canggih. Jangan sampai Anda tertinggal penerbangan pagi hanya gara-gara terlambat bangun. Setelah seharian lelah traveling, pasang alarm pada ponsel Anda dengan hanya menyebut “set alarm jam 4” dan Google akan men-setting alarm secara otomatis.