Inilah 10 Lokasi Syuting “Game of Thrones” untuk Inspirasi Liburan

July 19th, 2017 / / Comments Off on Inilah 10 Lokasi Syuting "Game of Thrones" untuk Inspirasi Liburan
Posted in Newsflash

Musim ketujuh dari Game of Thrones akhirnya tayang mulai 16 Juli 2017 lalu, dengan adegan yang telah dinantikan penggemarnya, yakni Arya yang menuntut balas dendam atas pembunuhan keluarganya di Red Wedding. Selain itu, banyak adegan lain yang mengejutkan di episode perdana ini, mulai dari Jorah Mormont yang masih setia menanti Daenerys Targaryen hingga Ed Sheeran yang muncul sebagai cameo. 

Kisah petualangan dan peperangan penuh darah antarkeluarga bangsawan ini memang menarik diikuti. Walau bernuansa kelam, hampir di setiap adegannya menampilkan tempat-tempat yang eksotis, sehingga tak heran bila kemudian lokasi syuting tersebut menjadi tujuan wisata baru. Berikut beberapa di antaranya yang populer.

1. Bardenas Reales Natural Park, Spanyol (Dothraki Sea)

Lanskap menawan mirip gurun dengan formasi bebatuan yang unik ini berada dekat Tudela, di timur laut Spanyol. Merupakan salah satu lokasi syuting paling menawan di Game of Thrones, tempat ini muncul pertama kali di musim keenam, ketika Daenerys Targaryen ditangkap oleh khalasar dan dibawa ke Vaes Dothrak.

2. Vatnajökull, Islandia (North of the Wall)

Kalau Jon Snow dan para wildlings tak sedang berperang dengan White Walkers, pasti mereka berhenti sejenak untuk mengagumi keindahan North of the Wall, atau yang dalam dunia nyata bernama Vatnajökull. Gletser terbesar di Islandia ini mencair sejak 1934 dan membentuk danau gletser Jökulsárlón di sampingnya. Kini, luas danau tersebut diperkirakan mencapai 25 kilometer persegi dan angkanya bakal terus meningkat karena ada sekitar 500 meter persegi es yang terus mencair tiap tahunnya. Sering menjadi latar film populer, Vatnajökull dan Jökulsárlón juga merupakan tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis dengan pendar cahaya warna-warni menerangi langitnya yang bebas polusi.

3. Þingvellir National Park, Islandia

Merupakan lokasi syuting utama di musim keempat Game of Thrones, Þingvellir National Park merupakan Situs Dunia Warisan UNESCO tempat Alþingi, parlemen nasional Islandia, dibentuk pada tahun 930, sebelum akhirnya dipindahkan lokasinya ke Reykjavík pada 1798. Di taman nasional ini jugalah kecantikan Islandia di musim panas diperlihatkan untuk pertama kalinya dalam Game of Thrones, yaitu ketika Arya dan Sandor Clegane bertualang dari desa ke desa di Mid-Westeros.

4. Grjótagjá, Islandia

Merupakan lokasi syuting Game of Thrones untuk adegan bercinta antara Jon Snow dengan Ygritte, danau vulkanik yang berada di dalam gua ini sudah populer sebagai pemandian air panas sejak beberapa dekade, hingga erupsi tahun 1975 hingga 1984 di Krafla mengalirkan lava ke area di sekitar Grjótagjá dan membuat suhu airnya hampir mencapai 60 derajat Celsius. Belakangan ini, pengunjung diperbolehkan lagi berendam di sini karena suhu airnya sudah mulai menurun. Namun sebaiknya mintalah saran kepada pemandu setempat sebelum membenamkan kaki ke dalamnya. Waktu terbaik ke sini adalah saat langit cerah dan sinar matahari masuk ke celah atap gua dan menerangi interiornya. Karena perairannya jernih, seisi ruangan bisa dipantulkan sempurna layaknya bayangan di dalam cermin.

5. Lokrum, Kroasia (Qarth)

Hanya beberapa ratus meter jauhnya dari pesisir Dubrovnik, terhamparlah daratan hijau nan subur bernama Lokrum yang bisa dicapai 10 menit dari dermaga. Benteng yang berada di titik tertinggi pulau ini menawarkan panorama menawan dari taman nasional yang dilindungi ini. Dalam Game of Thrones, Lokrum adalah Qarth yang berjuluk “Queen of Cities” di benua Essos, dan merupakan latar dari sejumlah adegan yang mengisahkan Daenerys di musim kedua.

6. Trsteno Arboretum, Kroasia

Merupakan latar bagi taman cantik di dekat King’s Landing, Trsteno Arboretum terletak di Trsteno, desa mungil yang berada di tepi pantai, sekitar 10 kilometer utara Dubrovnik. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah sejumlah paviliun, air mancur cantik, tanaman rambat pergola, dan semak bugenvil. Taman ini sendiri didirikan pada akhir abad 15 oleh keluarga Gozze, yang meminta para kapten kapal untuk membawakan bibit tanaman saat melaut ke berbagai wilayah.

7. Klis Fortress, Kroasia (Meereen)

Klis Fortress, yang menghadap desa Klis di dekat kota Split, Kroasia, muncul dalam episode empat dari musim keempat Game of Thrones sebagai kota Meereen. Walau tak muncul lama, bangunan yang tadinya merupakan bekas istana kerajaan di sisi bukit layak untuk didaki karena menawarkan panorama Split dari ketinggian.

8. Krka National Park, Kroasia

Dari Split, naiklah bus untuk melihat cagar alam ini, yang menawarkan latar menawan bagi Seven Kingdoms. Dengan perairannya yang jernih, serta suara deras dari aliran sungai dan pancaran air terjun, taman nasional ini menawarkan suasana yang tenang dan tampak jauh dari dunia Game of Thrones yang penuh kekerasan.

9. Tollymore Forest Park, Irlandia Utara

Taman nasional seluas lebih dari 600 hektar di kaki Pegunungan Mourne ini merupakan tempat terbaik untuk melakukan berbagai aktivitas luar ruang, seperti hiking, selain juga di sela-sela kegiatan tersebut, pengunjung dapat menikmati alamnya yang cantik dan rimbun. Tak heran bila tempat ini beberapa kali muncul dalam Game of Thrones. Di sinilah salah satu anggota Night’s Watch melihat keluarga Wildlings mati di atas hamparan salju, Ned Stark dan anaknya menemukan anak direwolf, dan Theon Greyjoy yang sedang dikejar oleh Ramsay Snow.

10. The Dark Hedges, Irlandia Utara

Terletak di utara Bregagh Road di Ballymoney, The Dark Hedges barangkali merupakan jalanan dengan jajaran pohon beech paling indah di dunia. Ditanam oleh keluarga Stuart pada abad kedelapan belas untuk mengesankan para pengunjung yang ingin menuju mansion bergaya Georgia mereka (Gracehill House), tempat ini digunakan sebagai Kingsroad di utara King’s Landing. Di sinilah Arya kabur dari kota dengan menyamar sebagai anak laki-laki dan bergabung bersama para anggota Night’s Watch.

Bonus: Azure Window, Malta

Formasi batu kapur setinggi 30 meter yang melengkung menyerupai pintu masuk gua ini merupakan lokasi pernikahan Daenery dan Drogo di Game of Thrones. Sayangnya, kini turis yang berniat naik perahu untuk menyeberang ke Pulau Gozo dan melihat Azure Window ini mesti kecewa. Pasalnya, atraksi tersebut telah roboh pada Maret 2017 lalu akibat badai. Selain merupakan lokasi syuting Game of Thrones, tempat ini juga menjadi latar dalam beberapa film populer lainnya, seperti Clash of the Titans (2010) dan serial televisi The Odyssey.