Hati-hati Menulis Ulasan di TripAdvisor

October 1st, 2018 / / Comments Off on Hati-hati Menulis Ulasan di TripAdvisor
Posted in Newsflash

Perkara menulis ulasan di wadah TripAdvisor tidak boleh disepelekan lagi, karena baru-baru di Lecce, Italia ditemukan kasus penjualan ulasan palsu kepada sejumlah jasa hospitality di sana. Diketahui pemilik dari Promo Salento menjual ulasan palsu ke sejumlah hotel dan restoran di Italia dengan tarif mulai dari 100 euro untuk 10 ulasan, 170 euro untuk 20 ulasan, dan 240 euro untuk 30 ulasan. Usaha ilegal ini langsung mendapat tindakan hukum dan tersangka dipidana sembilan bulan penjara dan membayar ganti rugi sekitar 8.000 euro. Kasus pemalsuan ulasan di TripAdvisor kerap terjadi tapi kali ini adalah yang pertama kali ditangani secara hukum.

Pengadilan Kriminal Lecce menyatakan pemalsuan ulasan menggunakan identitas palsu merupakan tindak kriminal, sesuai dengan hukum yang berlaku di Italia. TripAdvisor pun mendukung tindakan hukum yang dijatuhkan pada Promo Salento. Melalui VP Associate General Counsel, Brad Young, TripAdvisor menyatakan, “Menulis ulasan palsu merupakan bentuk penipuan, tapi ini adalah kali pertama kami menyaksikan kasus seperti ini mendapat tanggapan serius dari pihak hukum dan menjatuhkan hukuman penjara kepada pelaku. Kami sudah melakukan banyak upaya untuk mencegah kasus penipuan ini dari dulu dan akhirnya kami berhasil menangkalnya. Sejak 2015, kami sudah mencegah upaya sejenis sebanyak 60 kasus yang terjadi di seluruh dunia, namun hal ini tidak dapat kami lakukan seorang diri, sehingga kami merasa perlu bekerja sama dengan otoritas untuk menindak-lanjuti kasus seperti ini.”

Melacak Ulasan Palsu

TripAdvisor sudah sejak lama melakukan berbagai upaya untuk melacak ulasan palsu di wadahnya, baik menggunakan teknologi juga menyediakan tim investigasi khusus. Biasanya ulasan palsu terdiri dari tiga kategori, yaitu:

-Ulasan Positif yang Bias

Biasanya dilakukan oleh orang-orang yang terkait dengan bisnis yang bersangkutan, seperti pemilik perusahaan, pegawai, teman ataupun relasi yang ingin memberi ulasan positif, biasanya disebut Review Boosting. Kami dapat melacak ulasan seperti ini melalui sistem pelacakan, di mana dapat terlihat pola dan tanda tertentu di dunia daring.

-Ulasan Negatif yang Bias

TripAdvisor juga dapat melacak jenis ulasan yang sifatnya untuk mendiskreditkan sebuah properti yang akan memengaruhi posisi penilaiannya, ini disebut Review Vandalism. Biasanya ulasan-ulasan seperti ini berasal dari satu atau dua sumber, antara dari orang yang berhubungan dengan lawan bisnis atau seseorang yang ingin menjatuhkan suatu perusahaan. TripAdvisor dapat melacak ulasan sejenis ini dengan sistem khusus, bahkan pemilik perusahaan dapat melaporkan langsung jika menemukan jenis ulasan yang dicurigai untuk menjatuhkan perusahaannya.

-Ulasan Berbayar

Jenis ulasan seperti ini biasanya menggunakan jasa perusahaan untuk menaikkan penilaian positif suatu perusahaan melalui ulasan-ulasan palsu, disebut juga Review Optimization. Untuk menangani kasus ini, selain menggunakan sistem pelacakan menggunakan teknologi, TripAdvisor juga menyiapkan tim khusus untuk melakukan investigasi yang juga bekerja sama dengan badan otoritas.