Etihad Airways Buang 195.000 Ton Emisi Karbon Selama 2017

April 9th, 2018 / / Comments Off on Etihad Airways Buang 195.000 Ton Emisi Karbon Selama 2017
Posted in Newsflash

Setelah sejumlah perbaikan yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi operasional, Etihad mampu mengurangi jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh pesawatnya hingga lebih dari 62.000 ton bahan bakar. Hasilnya merupakan peningkatan 3,3 persen dari tahun sebelumnya, dan setara dengan 850 penerbangan antara Abu Dhabi dan London. Penyesuaian rencana penerbangan di seluruh jaringan mengurangi sekitar 900 jam waktu terbang, yang mengarah ke penghematan 5.400 ton bahan bakar dan menghilangkan sekitar 17.000 ton emisi karbon dioksida.

Tahun lalu, Etihad Airways juga memensiunkan beberapa pesawat tua untuk kemudian digantikan oleh Boeing 787, salah satu pesawat komersial yang paling efisien bahan bakar karena bodinya berbahan karbon komposit yang ringan. Etihad saat ini mengoperasikan 19 Boeing 787, yang merupakan salah satu jenis armada termuda di langit dengan usia rata-rata 5,4 tahun. Richard Hill selaku Chief Operations Officer di Etihad Airways mengatakan, “2017 adalah tahun yang sangat baik untuk efisiensi bahan bakar. Memensiunkan pesawat lama, menghadirkan Boeing 787, dan mengoptimalkan jalur penerbangan kami telah membuat perbaikan yang nyata terhadap konsumsi bahan bakar dan profil emisi kami.”

Etihad juga memperkuat kolaborasinya dengan penyedia kontrol lalu lintas udara di banyak bandara utama tempat maskapai tersebut beroperasi, khususnya di Abu Dhabi, untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar saat pendaratan pesawat dengan mengurangi ketinggian secara bertahap. Berkat hal inilah 980 ton bahan bakar berhasil dihemat selama 2017. Dengan menggabungkan proyek penghematan bahan bakar utama dengan perbaikan operasional, efisiensi per kilometer penumpang meningkat sebanyak 36 persen di beberapa rute Etihad.

Ahmed Al Qubaisi, Wakil Presiden Senior Pemerintah dan Urusan Internasional untuk Etihad Aviation Group, mengatakan, “Kami selalu mencari peluang baru untuk mengurangi jejak karbon kami. Kami sangat bangga dengan peningkatan tahun ke tahun kami, yang tidak hanya menguntungkan Etihad dalam hal penghematan bahan bakar tetapi juga lingkungan di tingkat yang lebih luas. Hasil ini merupakan bukti kolaborasi tim yang terfokus di seluruh bisnis kami serta kerja sama yang kuat dengan mitra lokal dan internasional penting di Abu Dhabi dan di seluruh jaringan kami.”