Earth Hour Indonesia 2017, Tak Hanya Sekadar Matikan Lampu

March 23rd, 2017 / / Comments Off on Earth Hour Indonesia 2017, Tak Hanya Sekadar Matikan Lampu
Posted in Newsflash

Memasuki tahun kesembilan perayaannya di Indonesia,  gerakan Earth Hour Indonesia kembali diselenggarakan secara globar pada Sabtu, 25 Maret 2017,  dengan mengusung tema “Shine A Light on Climate Action – from Moment to Movement”. Tahun ini, Earth Hour melibatkan 178 negara, 7.000 kota, dan lebih dari 1 miliar orang di dunia. Aksi ini mengajak semua masyarakat untuk turut melakukan aksi nyata dalam mengubah gaya hidup demi mendukung kelestarian bumi.

Mengenai tema gerakan Earth Hour tahun ini, Dewi Satriani, Campaign & Mobilization Manager WWF-Indonesia sebagai penyelenggara pertama Earth Hour, mengatakan bahwa, “Penekanannya di action karena setelah 10 tahun, Earth Hour yang tadinya cuma momen selama satu jam, menjadi movement (gerakan). Sekarang ini yang kita dorong adalah publik (individu, kelompok, korporasi) bisa melakukan apa saja untuk menyelamatkan bumi.”

Gerakan Earth Hour kali ini akan diselenggarakan selama satu jam, yaitu pada pukul 20:30 hingga 21:30 waktu setempat. “Dalam waktu yang ditentukan tersebut, individu, kelompok, lembaga sekolah, pemerintah kota, kantor-kantor perusahaan dan pemerintah, serta gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan akan diajak untuk mematikan lampu selama satu jam sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi alam dan iklim yang semakin memprihatinkan,” ujar Benja Mambai, PLT CEO WWF-Indonesia dalam acara pembukaan konferensi pers di Hotel Shangri La, Jakarta.

Acara yang didukung oleh berbagai figur publik Indonesia, seperti Nugie, Sogi Indra Dhuaja, Davina Veronica, Jessica Mila, Michelle Joan, Arifin Putra, Carlo Saba, ini pun turut mengajak satu juta individu atau kelompok untuk membuat dan mendonasikan kaos bekas untuk dijadikan tas belanja. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengurangi penggunaan kantong plastik, khususnya di Indonesia. Aksi ini akan dilakukan sedikitnya di 30 kota di Indonesia selama satu tahun hingga Maret 2018. Donasi tas belanja yang terkumpul kemudian akan didistribusikan ke supermarket dan pasar-pasar tradisional. Aksi ini melanjutkan dan mendukung sebuah gerakan Indonesia bebas sampah plastik 2020 yang dimulai pada Hari Peduli Sampah Nasional (21 Februari 2017).

Selain itu, dukungan positif terhadap pelaksanaan Earth Hour ini juga didukung oleh sektor bisnis yang datang dari Shangri-La Hotel Jakarta. Seperti yang diungkapkan oleh Bintari Rarastiwi sebagai CSR Manager Shangri-La, bahwa Shangri-La Hotel telah mendukung kampanye Earth Hour sejak 2010. Shangri-La pun telah menerapkan berbagai inisiatif ramah lingkungan, seperti pengolahan limbah, mengedukasi tamu, serta mengedukasi seluruh pemasok hotel agar dapat berbisnis dengan bertanggung jawab. Selain itu, pihak Shangri-La Hotel pun memberikan pendampingan pada sekolah di sekitar hotel agar para penerus bangsa tersebut memiliki pengetahuan dan gaya hidup yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Penyuluhan dan pengedukasian mengenai kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar sangat penting untuk dilakukan, karena walaupun kecil tetap dapat berdampak besar terhadap bumi. Jadi, mari kita turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian bumi, salah satunya dengan Gerakan Earth Hour ini.