Dinosaurus Terbesar Ada di New York

January 18th, 2016 / / Comments Off on Dinosaurus Terbesar Ada di New York
Posted in Newsflash

Bila dulu Tyranosaurus-Rex (T-Rex) menjadi idola para pecinta dinosaurus, kini tampaknya gelar idola harus dinobatkan pada Titanosaurus, jenis dinosaurus paling besar yang baru-baru ini ditemukan dan kerangkanya dipamerkan di  American Museum of Natural History, New York.

Pada 2014 lalu, para ilmuwan sempat terkejut saat menemukan fosil dinosaurus sepanjang 37 meter. Tim peneliti dari Museo Paleontologico Edigio Feruglio pimpinan Jose Luis Carballido dan Diego Pol adalah yang pertama kali menemukan fosil ini di gurun Patagonia, Argentina dalam penggalian yang dilakukan selama 18 bulan.

Sampai saat ini, para peneliti belum berhasil memastikan jenis dinosaurus tersebut, namun karena ukurannnya yang lebih besar dari T-Rex, maka para peneliti sepakat untuk memasukkannya dalam kategori Titanosaurus atau dinosaurus raksasa.

Direktur sekaligus Kurator Macaulay Natural History Museum, Mark Norell menjelaskan, “Fosil ini sangat baru dan bahkan belum punya spesies resmi.”

Menurut para peneliti, dinosaurus tersebut memiliki panjang 37 meter dengan berat 10 ton atau setara setara dengan 10 ekor gajah. Arkeolog dan sejumlah ahli juga mengungkapkan, bahwa fosil kerangka dinosaurus tersebut merupakan pemakan tumbuhan atau herbivora yang hidup sekitar 100 juta tahun silam.

Masyarakat dapat dapat melihat replika dan kerangka asli dinosaurus ini di American Museum of Natural History di New York City. Dengan menggunakan teknologi laser dan 3D Printing, para kurator berhasil menciptakan gambaran utuh dari kerangka dinosaurus dengan karakteristik Titanosaurus tersebut.

 

Sumber: travel.detik.com

Foto: dailymail.co.uk