Daftar Negara Aman dari Teroris

May 15th, 2018 / / Comments Off on Daftar Negara Aman dari Teroris
Posted in Newsflash

Setiap tahun, World Economic Forum (WEF) merilis peringkat negara yang dianggap aman untuk dikunjungi wisatawan, juga yang berpotensi untuk investasi. Yang terbaru, WEF mengeluarkan daftar 136 negara yang diukur dari tingkat keamanannya melalui Travel and Tourism Competitiveness Report 2017. Untuk mencapai posisi terbaik, sebuah negara akan dinilai dari peristiwa terorisme yang terjadi, hingga upaya para penegak hukum untuk mengamankan situasi dan menyelesaikan isu keamanan.

Dari daftar yang dirilis WEF, Finlandia berada di peringkat pertama sebagai negara teraman di dunia, diikuti Uni Emirat Arab dan Islandia di peringkat kedua dan ketiga. Yang mengejutkan, negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris yang dikenal memiliki kapasitas baik dan terkuat dalam hal militer hanya mampu bertengger di posisi 84 dan 78, sedangkan Indonesia sendiri berada di peringkat 91, yang bisa aja merosot posisinya di waktu depan pasca insiden pengemboman yang terjadi di Jawa Timur baru-baru ini. Berikut lima negara paling aman di dunia:

  1. Finlandia

Termasuk sebagai negara Skandinavia, nama Finlandia sebagai destinasi belum setenar negara-negara lain di Eropa, namun negara di utara Eropa ini menawarkan banyak atraksi budaya dan sejarah, juga objek wisata alam yang menyenangkan dikunjungi, baik saat musim dingin dan musim panas. Helsinki, ibu kota Finlandia merupakan pintu masuk untuk mengeksplor Finlandia, di mana kota ini menjamur dengan museum, galeri seni, jajaran restoran untuk wisata kuliner, dan sentra belanja. Selain itu, pelancong dapat menikmati jajaran gedung bersejarah, mulai dari Finlandia Hall, Senat Square, dan Gereja Batu di bawah tanah.

  1. Uni Emirat Arab

Jarang menemukan negara Timur Tengah yang menempati posisi terbaik di daftar ini, namun Uni Emirat Arab sanggup mengalahkan negara-negara Eropa yang kerap menjadi langganan para wisatawan. Berjaya dengan pembangunan kota yang epik melalui bangunan pencakar langit berarsitektur unik, Uni Emirat Arab menarik wisatawan melalui kota Dubai. Kota ini menjadi destinasi yang pas bagi segala tipe wisatawan, baik untuk keluarga maupun pasangan. Negara ini juga menawarkan Abu Dhabi yang makin geliat menunjukkan eksistensinya di dunia wisatawan, teautama di wisata museum. Yang terbaru adalah Museum Louvre Abu Dhabi yang berdiri atas kesepatakatan pemerintah Prancis dan Uni Ermiat Arab dan diresmikan pada November 2017.

  1. Islandia

Berkunjung ke Islandia memang membutuhkan bujet yang tak sedikit, tapi pengalaman dan pemandangan yang bisa disaksikan tiada duanya di dunia. Banyak yang ingin mengunjungi Islandia untuk menikmati aurora borealis yang bisa dilihat sepanjang September hingga Maret. Selain marak dengan gletser yang tersebar di mana-mana, Islandia merupakan negara unik yang berada di bawah lingkaran arktika, di mana saat musim panas (Mei hingga akhir Juli) matahari bersinar hampir 24 jam sehari, dengan matahari terbenam sekitar tengah malam dan akan terbit lagi sebelum pukul 03:00.

  1. Oman

Tak banyak yang mengetahui mengenai Oman dan apa saja yang menarik di sana. Muskat, ibu kota Oman, merupakan pintu masuk untuk menjelajah negara ini. Berada di kawasan Timur tengah membuat Muskat mendapat kesan negatif, tapi itu semua karena kurangnya informasi mengenai sisi menarik negeri ini. Muskat menawarkan wisata pantai yang indah, bangunan-bangunan yang artistik, situs budaya bersejarah, termasuk Royal Opera House Muscat dan Masjid Agung-nya. Siap dengan destinasi-destinasi yang mencakup berbagai segmen, di bagian kota barunya sudah tersedia sejumlah hotel kelas atas dan pusat perbelanjaan. Sebagai tambahan, setiap akhir Maret hingga pertengahan Mei, deretan pegunungan Jabal Akhdar atau bahasa Arab yang berarti Pegunungan Hijau, seketika berubah merah muda karena di sekujur bukitnya dihiasi mawar-mawar Damaskus yang bermekaran.

  1. Hong Kong

Gemerlapnya kota Hong Kong terpancar melalui bangunan-bangunan tinggi berlatar Victoria Bay, lengkap dengan kapal-kapal lalu-lalang. Selain menikmati keseruan Hong Kong dengan mendatangi Hong Kong Disneyland dan Ocean Park, tak ada yang mengingkari identitas Hong Kong sebagai destinasi belanja. Sebagian besar turis yang berkunjung ke Hong Kong datang untuk belanja atau setidaknya berniat menyediakan waktu untuk melihat-lihat pusat perbelanjaan di kota tersebut. Hong Kong sempat dinobatkan sebagai kota terbaik di Asia untuk belanja, tentu saja ini membuat banyak penggila belanja menghabiskan banyak waktu mengitari Lane Crawford, salah satu department store ternama di kota ini atau jika mencari koleksi pakaian wanita, biasanya mereka akan mendatangi EDIT. Sedangkan mereka yang mencari sepatu dan kacamata hitam berkualitas, biasanya akan beranjak ke Square Street.
Daftar 20 negara paling aman di dunia versi World Economic Forum:

1. Finlandia
2. Uni Emirat Arab
3. Islandia
4. Oman
5. Hong Kong
6. Singapura
7. Norwegia
8. Swiss
9. Rwanda
10. Qatar
11. Luksemburg
12. Portugal
13. Selandia Baru
14. Austria
15. Estonia
16. Swedia
17. Slovenia
18. Spanyol
19. Belanda
20. Maroko