Citra Baru Ambon Manise

April 23rd, 2015 / / Comments Off on Citra Baru Ambon Manise
Posted in Newsflash

Pernah terluka dengan peristiwa kerusuhan akibat konflik beberapa tahun lalu, membuat Maluku, khususnya kota Ambon rajin berbenah diri. Didukung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan Kota Ambon khususnya, program Mangente Ambon 2015 pun diluncurkan. Bertujuan untuk menghapus stigma negatif Ambon dan Maluku sebagai daerah yang tidak aman, program ini kembali memperkenalkan Ambon sebagai salah satu destinasi wisata andalan Indonesia.

Pada Sabtu, 18 April 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Program Mangente Ambon 2015 resmi diluncurkan. Hadir pada acara tersebut, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, didampingi oleh Gubernur Maluku Said Assegaf dan Walikota Ambon Richard Louhanapessy beserta jajaran pemerintah daerah provinsi dan kota serta beberapa tokoh dari masyarakat Maluku.

 

Kembalikan Ambon Manise

Menurut Walikota Ambon, Richard Louhanapessy, Mangente Ambon tak hanya sekadar mempromosikan wisata tapi berupa gerakan moral pemerintah daerah dan masyarakat Ambon untuk mengembalikan citra Ambon Manise sebagai kota yang aman, nyaman, indah, dan harmonis.

“Kami ingin menyebarkan informasi kepada seluruh Indonesia dan dunia bahwa Ambon adalah kota yang aman dan damai. Serta bertatap muka dengan masyarakat Maluku dari dalam dan luar negeri untuk mengajak mereka mengunjungi Ambon,” ujar Richard.

Mangente artinya adalah berkunjung atau visit. Ada dua sasaran dalam program Mangente Ambon ini. Pertama adalah Diaspora Maluku (perantau ) baik di dalam maupun di luar negeri, untuk memberikan sumbangsihnya dalam percepatan pembangunan di Maluku, khususnya Kota Ambon. Kedua adalah mengembangkan pariwisata Maluku, khususnya  Ambon melalui kegiatan wisata, seni dan budaya, baik untuk tingkat lokal, nasional dan internasional.

“Mangente Ambon tidak hanya mengajak orang Maluku untuk pulang kampung, terlebih lagi adalah mengumpulkan ide, gagasan, peluang untuk pembangunan di Maluku,” kata Gubernur Maluku Said Assegaf.

 

Pesta Hiburan di Ambon

Akan ada rangkaian berbagai kegiatan hingga puncak acara tanggal 5- 7 September 2015. Karnaval dan Festival Budaya Nusantara, Konser 20 tahun Glend Fredly, Gema Ramadhan dan Amek Zamrah Festival, Darwin – Ambon International Yacht Race, Festival Musik Etnik & Modern Dance, Underwater Photography Competition, Ambon Music Festival, Pesta Rakyat Basudara, Pesta Paduan Suara Gerejawi Tingkat Nasional, hingga puncak acara pada 7 September 2015 yang bertepatan dengan peringatan hari jadi Kota Ambon yang ke-440.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan dukungannya pada program Mangente Ambon ini dengan menjanjikan  bantuan sebesar lima milyar rupiah.

“Kementrian Pariwisata akan memberikan dukungan dengan catatan, dana yang digulirkan adalah 100 persen untuk promosi, “ ujar Arief Yahya.

Menteri Pariwisata memberikan catatan bahwa pada 2014 jumlah wisatawan yang datang ke Maluku sebanyak 100.000 orang dengan jumlah wisatawan asing mencapai 20.000 orang.

“Kita targetkan dengan dana promosi yang diberikan, menjadi 100.000 kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini, “ katanya.

Untuk grand launching Mangente Ambon akan digelar pada tanggal 6 Mei 2015 di Ambon, bertepatan dengan dilaksanakannya Pertemuan Nasional Walikota Seluruh Indonesia. Direncanakan juga Presiden Joko Widodo akan hadir dan meresmikan acara ini.