Chile Siap Sambut Turis Internasional Bulan Depan

November 20th, 2020 / / Comments Off on Chile Siap Sambut Turis Internasional Bulan Depan
Posted in Newsflash

Chile berencana membuka kembali negaranya bagi wisatawan pada Desember. Bandara Arturo Merino Benítez Santiago menjadi akses masuk bagi pendatang asing dan mereka wajib menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19, yang berlaku 72 jam setelah kedatangan. Mereka juga harus melampirkan surat pernyataan sehat dan persetujuan untuk dipantau via aplikasi setiap hari.

Penumpang internasional yang memenuhi persyaratan masuk Chile tidak perlu melakukan karantina mandiri dan dapat langsung melakukan perjalanan wisata, selama memberikan informasi kesehatan mereka kepada pihak terkait. Pemerintah Chile akan mengawasi tiap pendatang selama 14 hari dan mereka harus memberi laporan gejala kesehatan yang dirasakan, juga lokasi keberadaan. Pendatang yang tidak mematuhi kebijakan akan menghadapi konsekuensi, walau pihak otoritasbelum menjelaskan sanksi apa yang akan dikenakan.

Chile juga masih mengembangan aplikasi yang akan digunakan untuk memantau pendatang asing. Selain pengawasan secara daring, wisatawan juga diberlakukan jam malam nasional dan lokal, wajib mengenakan masker di semua wilayah, dan siap menerima pembatasan/perubahan aturan tanpa pemberitahuan sebelumnya selagi berwisata.

Chile menutup diri dari pengunjung asing sejak Maret, dalam upaya membendung penyebaran virus corona. Saat ini tercatat hampir setengah juta kasus positif Covid-19 di Chile, yang sempat memuncak di Juni. Setelah itu, negara beribu kota Santiago ini mengalami penurunan jumlah kasus menjadi kurang dari 2.000 per hari.