Bosan #DiRumahAja? Museum Tawarkan Lembar Mewarnai yang Terinspirasi dari Koleksi Seni

July 24th, 2020 / / Comments Off on Bosan #DiRumahAja? Museum Tawarkan Lembar Mewarnai yang Terinspirasi dari Koleksi Seni
Posted in Newsflash

Di tengah anjuran jaga jarak dan meminimalkan aktivitas di luar rumah, banyak cara dilakukan pejalan di rumah untuk membunuh rasa bosan, terutama bagi mereka yang menghabiskan masa karantina bersama buah hati. Di tengah pandemi, banyak orang menemukan kesenangan baru untuk dilakoni, membuat pikiran mereka beristirahat sejenak dari rutinitas.

Salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan orang dewasa dan anak-anak secara bersama adalah mewarnai. Untuk mendukung aktivitas kreatif ini, sejumlah museum, galeri seni, dan perpustakaan memungkinkan pejalan di rumah untuk mengunduh halaman mewarnai yang terinspirasi dari koleksi seni museum. Tercatat lebih dari 100 museum dan galeri memutuskan untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan memfasilitasi media mewarnai yang dapat dimanfaatkan siapa saja di seluruh dunia.

Orang tua dan anak dapat melakoni kegiatan santai ini, yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak dari segi psikologi. Siapa saja dapat mengunjungi situs resmi museum, galeri, atau perpustakaan yang diminati, kemudian dapat langsung mengunduh halaman mewarnai yang diinginkan, untuk kemudian dicetak. Inisiasi Colour Our Collections sudah digalakkan sejak 2016, namun semenjak pandemi, aktivitas ini semakin digemari orang-orang di seluruh dunia.

Sejumlah institusi menggunakan tagar #ColorOurCollections di media sosial untuk mempromosikan halaman mewarnai yang dapat diunduh dalam bentuk PDF. Di tahun ini, nama-nama besar seperti The Getty, Smithsonian, Denver Botanical Garden, Toronto Public Library, Art Museums of Colonial Williamsburg, National Library of France, termasuk University of Minnesota, University of Massachusetts Amherst Libraries, University of British Columbia Library, University Of Melbourne, Seton Hall Library, dan Cambridge University Library turut berpartisipasi.