Bingkai Raksasa di Tengah Kota

January 15th, 2018 / / Comments Off on Bingkai Raksasa di Tengah Kota
Posted in Newsflash

Dubai seakan tak pernah kehabisan ide untuk menyuguhkan sesuatu yang baru bagi wisatawan. Salah satu objek terbaru yang kini sedang dipamerkan di kota ini adalah Dubai Frame, yang sudah dibuka untuk umum sejak awal Januari 2018. Dubai Frame merupakan salah satu proyek unik yang dikembangkan Pemerintah Kota Dubai, yang akan dijadikan sebagai ikon kota, di mana bangunan ini merupakan perpaduan budaya di masa lampau dengan masa kini, dan diharapkan akan menarik dua juta pengunjung dalam tahun pertama pendiriannya.

Dikenal juga dengan nama Berwaz Dubai, bangunan serupa bingkai raksasa ini dibangun dengan biaya mencapai 925 miliar rupiah, yang terdiri dari dua menara yang terbuat dari kaca transparan setinggi 150 meter, dan dihubungkan dengan jembatan sepanjang 93 meter di tingkat atas. Dari kejauhan, bangunan ini terlihat seperti bangunan berbentuk persegi panjang dan menawarkan pemandangan kota dari titik teratasnya, seperti pemandangan gedung-gedung tinggi di Jalan Sheikh Zayed, pemandangan di sekitaran kawasan Berwaz, kawasan Deira, Umm Hurair, dan Karama yang menjadi simbol Kota Tua Dubai.

Di sisi lain, tepatnya di lantai Sky Deck, pengunjung akan diperlihatkan gambaran Dubai masa kini, yang dibantu dengan aplikasi interaktif, seperti layar yang dapat diaktivasi oleh augmented reality, di mana pengunjung dapat mengidentifikasi gedung-gedung yang tampak dari Dubai Frame, di samping itu dapat menemukan fakta-fakta menarik mengenainya dalam bentuk 3D. Kecanggihan teknologi ini memberi pengalaman berbeda bagi pengunjung untuk mengenal kota Dubai dari segala aspek. Dubai Frame juga menyiapkan museum di lantai dasar, yang memberi penjelasan mengenai pembangunan kota Dubai yang dihadirkan melalui proyeksi gambar, efek asap, bebabauan, dan pergerakan, tentu hal ini untuk menciptakan pengalaman interaktif bagi pengunjung.

Dubai Frame buka setiap hari, mulai pukul 10:00 hingga 19:00, dengan tiket masuk seharga Rp 185.000 atau 50 dirham untuk dewasa dan Rp 174.000 atau 20 dirham untuk anak usia tiga hingga 12 tahun. Sedangkan untuk tiket masuk bagi lansia dan tunagrahita dengan pendamping dua orang, gratis.