Bersantap di Tengah Hutan

January 26th, 2017 / / Comments Off on Bersantap di Tengah Hutan
Posted in Newsflash

Dengan panorama hutan hujan yang rimbun di setiap meja, Plantation Restaurant di Alila Ubud menawarkan latar sempurna untuk acara bersantap yang berkesan.

Memanfaatkan produk lokal yang segar dan berlimpah, tim koki Plantation yang dikepalai Chef Erwan Wijaya menciptakan menu-menu fine dining dan seasonal tasting dengan cita rasa khas Bali.

Para tamu dapat menikmati berbagai hidangan lezat, seperti pan-seared local scallops yang dimasak dengan teknik Prancis tradisional, serta disajikan bersama tapioca herb crème fraiche, salmon caviar, dan crispy potato wafer. Tasting Menu ini juga menampilkan resep tradisional dari Ubud dan sekitarnya, seperti perkedel jagung dengan saus pedas-manis dan acar musiman buatan sendiri.

Menu lainnya yang tak kalah menarik adalah Ayam Betutu. Masakan khas Gianyar berupa ayam utuh ini diolah menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah, seperti bawang, cabai, kunyit, ketumbar, dan jahe. Setelah ayam atau bebek dibersihkan, kemudian dibaluri bumbu rajang dan sebagian dimasukkan ke dalam rongga dada, kemudian ditutup lubangnya dan keseluruhan daging dibalut daun pisang, kemudian dikukus selama sekitar satu jam. Proses belum berakhir karena daging masih harus dipanggang di atas sabut kelapa untuk menghasilkan daging empuk yang mudah terlepas dari tulangnya.

Restoran ini juga memiliki taman tersendiri yang ditumbuhi aneka sayuran dan rempah untuk diolah di dapur. Digarap oleh tukang kebun lokal, taman ini memanfaatkan praktik organik, seperti mendaur ulang sampah hijau untuk pupuk, serta menggunakan cacing merah untuk meningkatkan kualitas tanah. Taman organik ini juga menjadi venue dari pengalaman kuliner Cooking in the Organic Garden, yang mengajak tamu untuk mengunjungi pasar lokal Payangan dan membeli aneka bahan untuk memasak, lalu mengikuti cooking class di taman tersebut.

Cabana Lounge
Menghadap kolam Alila Ubud yang bertengger di tepi lembah, Cabana Lounge menawarkan suasana tenang di mana tamu dapat menikmati jus yang menyegarkan, aneka koktail kreatif, dan berbagai kudapan lezat.

Semua makanan dan minuman di Cabana Lounge diciptakan oleh Conrad Michael O’Riordan, yang keahliannya dapat terlihat dari Signature Organic Cocktails. Koktail ini merupakan paduan dari berbagai bahan segar yang dipanen sendiri di taman organik. Tamu bahkan dapat menuju taman tersebut bersama Conrad, lalu menuju bar Cabana untuk mengikuti kelas Organic Mixology dan mengungkap rahasianya membuat aneka koktail.

Untuk menikmati Cabana Lounge, Anda tak perlu menginap di Alila Ubud. Seharga Rp 400.000 per orang, tamu dapat mengakses kolam renang serta menikmati Afternoon Tea dengan aneka dessert lokal dan cake buatan sendiri. (alilamoments.com/ubud/happenings).