Berkunjung ke Venesia Dikenai Biaya Masuk

February 8th, 2019 / / Comments Off on Berkunjung ke Venesia Dikenai Biaya Masuk
Posted in Newsflash

Setelah menerapkan denda bagi turis yang duduk-duduk di tangga gereja atau makan di alun-alun, pemerintah kota Venesia kembali merancangkan aturan baru bagi pelancong. Dilaporkan bahwa Walikota Venesia mengajukan aturan bahwa Venesia akan mulai memungut biaya masuk harian bagi wisatawan yang rencana diberlakukan per 1 Mei 2019. Bagi wisatawan yang ingin menikmati kota terapung ini rencananya akan dibebankan biaya masuk senilai 3 euro per hari, yang menjadi tarif perkenalan sepanjang 2019.

Dengan meningkatnya pengunjung, rencananya tarif pun akan mengalami peningkatan dengan berbagai ketentuan, seperti tarif dasar mulai 6 euro, kemudian meningkat ke 8 euro saat terjadi kepadatan lalu lintas, hingga 10 euro untuk hari yang sibuk. Pada 2022 rencananya pembelian tiket masuk pre-booking akan diberlakukan, sekaligus menjadi kesempatan bagi pemerintah kota untuk melacak dan mengantisipasi besarnya jumlah kunjungan dalam kurun waktu tertentu. Bagi wisatawan yang menolak atau mangkir dari kewajiban tersebut dapat dikenai denda mulai dari 100 hingga 450 euro.

Keputusan ini diberlakukan setelah Walikota Luigi Brugnaro diberi izin oleh pemerintah pusat yang mendesak pajak harian yang masuk dalam bujet negara tahun ini. Penjelasan Brugnaro mengenai biaya masuk ini rencananya akan digunakan untuk penanganan sampah, memperbaiki infrastruktur, dan mengelola arus wisatawan yang datang ke salah satu destinasi populer di Italia. Baginya, biaya masuk ini bukan perkara untuk mendapatkan keuntungan tapi untuk melindungi kota dan penduduknya.