Berbagi Kisah Traveling di Travel & Blog

June 23rd, 2014 / / Comments Off on Berbagi Kisah Traveling di Travel & Blog
Posted in Newsflash

Traveling tak lagi menjadi hal yang eksklusif. Dengan semakin maraknya antusias untuk melakukan perjalanan dan berlibur, traveling kini menjadi bagian dari gaya hidup. Di kalangan anak muda, traveling kini bukanlah hal baru. Dengan berbagai kreatifitas, generasi muda sekarang bahkan punya cara sendiri untuk berbagi pengalaman traveling-nya.

Menanggapi gaya hidup yang kian kreatif ini, acara Travel & Blog yang diadakan di kantor Wego Indonesia, Jakarta pada 21 Juni 2014 mengangkat tema Let’s Blog Better dengan menghadirkan beberapa pembicara seperti Arif Rahman (www.backpackstory.me), Murni Amalia Ridha dan Saphira Tanka Zoelfikar (www.indohoy.com), Wira Nurmansyah (www.wiranurmansyah.com) dan Firsta (www.discoveryourindonesia.com).

Acara ini menampilkan beberapa topik bahasan seperti Crafting Your Story yang dibawakan Arif Rahman. Blogger yang juga aktif menulis buku (Digital Love, The Journeys 3, The DestinAsean, Jakarta Bandung Jogja, Rasa Cinta, Aku dan Hujan, Empat Elemen) ini menekankan bahwa seorang traveler harus menggunakan semua panca inderanya untuk bisa menuliskan perjalanannya. Mulai dari merasakan makanan, panasnya cuaca dan lain-lain. Tampilan foto di blog pun dibahas oleh Wira Nurmansyah yang memberikan tips sederhana tapi menarik tentang fotografi travel. Sedangkan Murni Amalia Ridha dan Saphira Tanka Zoelfikar yang lebih dikenal dengan Mumun dan Vira membahas pentingnya blogging dalam bahasa Inggris. Menurut Mumun, minat blogging dalam bahasa Inggris masih rendah, padahal Indonesia punya potensi besar dalam pariwisata yang bisa menarik minat orang asing.

Firsta yang mengelola blog www.discoveryourindonesia.com tak ketinggalan dengan materi Basic S.E.O. “Sayang sekali jika blog kita bagus tapi tidak optimal di internet. Nanti tak ada yang baca,” jelas Firsta. Dengan memberikan beberapa tips khusus dalam blogging, materi ini sepertinya akan memberikan dampak besar bagi para traveler yang senang berbagi cerita di dunia maya.

Achmad Alkatiri dari Wego Indonesia berpendapat bahwa orang-orang yang punya kesempatan untuk traveling sebetulnya beruntung dan punya kewajiban moril untuk membagi kisahnya. Acara Travel & Blog diharapkan bisa mewadahi mereka yang ingin bisa berbagi kisah dengan cara lebih menarik. Acara yang didukung oleh Wego Indonesia, Majalah Panorama & Get Lost, Penerbit Bukune, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ini berlangsung penuh antusias dari sekitar 30 peserta. “Kami juga berencana membuat acara serupa dengan tema berbeda,” jelas Arif Rahman.