Barong Landung di Bali Safari & Marine Park

June 24th, 2014 / / Comments Off on Barong Landung di Bali Safari & Marine Park
Posted in Newsflash

1000BaliAgung_MedBali Safari & Marine Park merayakan penampilan ke-1000 pementasan teater Bali Agung, yang acara puncaknya diselenggarakan pada 17 Juni 2014. Pertunjukan seni teater dan tari spektakuler ini menceritakan tentang kisah tragis dan heroik dari legenda Bali, Raja Sri Jaya Pangus dan istrinya dari Cina, Kang Ching Wie, serta kisah cinta Raja Jayapangus dengan Dewi Danu.

Bali Agung dipentaskan di panggung berukuran raksasa dengan sekaligus menampilkan beragam koleksi satwa serta dilengkapi dengan perangkat tata lampu dan peralatan pendukung yang canggih. Pementasan ini disutradarai dan diproduseri tokoh seni teater bertaraf internasional asal Australia, Peter J. Wilson yang berkolaborasi dengan seniman dan dalang Bali I Made Sidia. “1000 adalah sebuah angka sakral dan sangatlah pantas untuk mendapatkan kehormatan dengan cara yang sesuai. Tidaklah selalu mudah melakukan perjalanan dan menghadapi berapa banyak lagi tantangan-tantangan yang tidak terlihat ke depannya. Secara alami, tantangan utama adalah penampilan panggung dengan menyatukan manusia dengan satwa liar, namun kami bersyukur kami tidak pernah mengalami kecelakaan. Bali Agung secara profesional menerapkan konsep Tri Hita Karana, yang saya merasa seperti terlahir kembali,” ujar Sidia.

Lakon yang dibawakan adalah Barong Landung yang menjadi simbol suci umat Hindu di Bali. 240 pemain teater Bali Agung dibantu dengan gajah, harimau, macan kumbang, kambing, burung, bebek bahkan ayam ikut meramaikan pementasan ini. “Kita ingin menghidupkan kembali legenda yang hampir terlupakan. Sebuah cerita yang memiliki kaitan dengan Barong Landung yang disakralkan umat Hindu,” kata Sidia.