Barcelona Berniat Batasi Jumlah Wisatawan

March 8th, 2017 / / Comments Off on Barcelona Berniat Batasi Jumlah Wisatawan
Posted in Newsflash

Dua hari setelah melarang pembangunan hotel baru di pusat kota (27 Januari 2017), Barcelona kembali mengeluarkan kebijakan baru untuk membatasi jumlah wisatawan pada 2020.

Tahun sebelumnya, Barcelona menerima kunjungan 32 juta wisatawan. Meski pariwisata merupakan sektor ekonomi penting (14 persen pendapatan tahunan berasal dari pariwisata), hal ini juga berdampak pada harga properti yang semakin naik.

Wali kota Barcelona Ada Colau kemudian meluncurkan “Strategic Plan For Tourism 2020″ untuk “mengendalikan pariwisata” dan mengurangi hal-hal negatif yang berdampak pada penduduk setempat, seperti kenaikan harga dan kemacetan jalan.

Untuk mengatasi kenaikan harga properti, Barcelona akan mulai menggunakan tarif pajak properti tertinggi untuk apartemen liburan, selain tidak akan lagi memberikan izin untuk pembangunan apartemen liburan baru. Pemerintah setempat juga tengah meminta izin untuk mengatur berapa banyak kamar di B&B (bed and breakfast) yang bisa disewakan per tahun.

Pembatasan turis ini juga bakal berlaku untuk para daytripper yang datang dari luar kota. Rencananya harga parkir bakal naik untuk bus wisata, dan tentu saja, hal ini bakal berdampak pada kenaikan tiket bus.

Sementara di wilayah lain di Barcelona, pemerintah tengah berharap dapat menerapkan zona bebas Segway dan merelokasikan teras restoran yang mengambil alih trotoar.

Langkah Barcelona untuk membatasi pariwisata ini muncul setelah desakan berulang dari penduduk setempat. Pada Januari lalu, ribuan warganya melakukan iringan-iringan di jalanan paling populer (dan paling touristy) di Barcelona, Las Ramblas, untuk memprotes gentrifikasi dan meningkatnya jumlah wisatawan.

“Kami memahami kecintaan orang lain terhadap kota kami. Namun kota ini makin lama makin mirip theme park – semakin banyak toko kelontong yang tutup, dan semakin banyak pula toko suvenir yang buka,” kata Janet Sanz, wakil wali kota yang bertanggung jawab atas perencanaan kota. “Orang-orang hidup dan bekerja di sini. Ini bukan hanya tempat menyenangkan saat akhir pekan.”