Bangunan Lawas Jadi Tempat Trendi di Taipei

November 9th, 2018 / / Comments Off on Bangunan Lawas Jadi Tempat Trendi di Taipei
Posted in Newsflash

Mengtransformasi bangunan lawas menjadi ruang publik kreatif merupakan inovasi unik yang terjadi berlangsung di Taipei. Adalah Huashan 1914 Creative Park yang merupakan kompleks bangunan tua yang berdiri di Distrik Zhongzheng, yang awalnya dibangun sebagai rumah penyulingan anggur pada 1914. Selepas itu, area ini sempat digunakan sebagai rumah sakit, tempat penyulingan sake, dan tempat pembuatan kapur barus. Pada 1997, anggota grup Golden Bough Theatre mendapatkan akses untuk melihat lebih dekat bangunan ini dan melihat peluang positif untuk mengubahnya menjadi tempat yang bermanfaat. Pada 2007, setiap bangunan ditransformasi menjadi ruang-ruang kreatif oleh para seniman dan visioner, menjadikannya wadah untuk berkreasi dan memamerkan karya mereka, juga menjadi tempat untuk berkumpul dan bersosialisasi yang trendi bagi warga lokal juga turis.

Huashan 1914 Creative Park menyenangkan dikunjungi saat matahari terbenam, menangkap momen senja dengan menikmati tempat-tempat menarik di sana, seperti…

Alleycats

Dari namanya tidak menyiratkan sebagai tempat makan yang mengunggulkan menu pizza. Alleycats menawarkan sepotong warisan Taiwan yang menggunakan bahan-bahan lokal yang dikembangkan petani asal Yilan yang mandiri. Alleycats menggabungkan topping pizza Italia yang autentik dengan cita rasa tradisional Taiwan, menjadikannya sebagai hidangan inovatif dan unik. Alleycats buka dari pukul 11:00-23:00 (Minggu-Kamis), hingga tengah malam (Jumat-Sabtu).

Bleu & Book

Anda dapat menemukan Bleu & Book tepat di atas Glass House, setelah menaiki tangga yang agak sempit, inilah toko buku independen yang juga menyediakan kedai kopi. Ada begitu banyak publikasi menarik yang dapat ditemui di sini, mulai dari yang berbahasa Mandarin juga Inggris, yang tersebar di rak-rak buku. Anda pun dapat menikmati secangkir kopi dan duduk di sofa sambil membaca buku di sini. Bleu & Book buka setiap hari dari pukul 10:00-21:00.

GR-GreenRoom Ideas

Sebenarnya GR-GreenRoom Ideas merupakan area tambahan di Huashan 1914 Creative Park yang menawarkan barang-barang dari bahan kulit yang indah. Kerap kali mereka menyelenggarakan lokakarya bagi mereka yang tertarik dengan dunia desain, membantu pelanggan yang ingin mendesain dompet, tas, dan barang-barang lainnya secara personal. GR-GreenRoom Ideas buka setiap hari dari pukul 11:00-21:00.

E3B Umay Theatre

Ruangan asli dari E3B Umay Theatre dulunya digunakan grup Golden Bough Theatre sebagai tempat menggelar acara sepanjang tahun, seperti pementasan The Diary of Anne Frank yang mendapat pujian dan animo positif dari penonton. Area pertunjukan yang dapat menampung hingga 250 orang, sempat dijadikan tempat penyulingan anggur di masa lalu.

Fujin Tree Landmark 

Kafe chic ini menawarkan sandwich lezat, dipadukan dengan salad, aneka kue, dan kopi. Tak hanya itu, Fujin Tree Landmark juga mengembangkan toko yang menjual aneka barang, mulai dari bunga segar, alat tulis, perhiasan, sabun homemade, juga gaun cantik. Fujin Tree Landmark buka setiap hari dari pukul 11:00-21:00.