Bandara Baru Dekat Halong Bay

January 4th, 2019 / / Comments Off on Bandara Baru Dekat Halong Bay
Posted in Newsflash

Dua tahun dibutuhkan untuk membangun Bandara Internasional Van Don yang resmi dibuka sejak 30 Desember 2018 di Provinsi Quang Ninh, rumah bagi Situs Warisan Dunia UNESCO, Halong Bay. Berjarak sekitar 220 kilometer dari ibu kota Vietnam, Hanoi, Van Don merupakan bandara internasional pertama di Vietnam yang dikembangkan oleh perusahaan swasta, Sun Group – salah satu pengembang premier di ranah pariwisata dan hiburan, yang menyiapkan dana sekitar 310 juta dolar AS untuk pendirian bandara.

Bandara Internasional Van Don tampil canggih dengan teknologi terkini di terminal utama, landasan pacu terbaik, serta menampilkan desain bangunan yang terinspirasi dari Halong Bay yang hanya berjarak sekitar 50 kilometer. Dengan lokasi yang strategis dekat salah satu atraksi wisata unggulan di Vietnam, bandara ini diyakini akan mendatangkan sekitar 2,5 juta penumpang dalam kurun waktu dua tahun ke depan dan lima juta penumpang per tahun pada 2030.

Infrastruktur Lainnya

Di hari yang sama, Sun Group juga mengumumkan kehadiran dua infrastruktur penting yang juga berlokasi di Quang Ninh, yakni Halong-Van Don Highway dan Pelabuhan Pesiar Internasional Halong. Proyek jalan tol sepanjang 60 kilometer ini akan memangkas waktu perjalanan dari Bandara Internasional Van Don menuju kota Halong yang dapat dicapai sekitar 50 menit saja.

Proyek masif lainnya yang turut dikembangkan adalah Pelabuhan Pesiar Internasional Halong yang memiliki catatan investasi hingga 43 juta dolar AS. Pelabuhan ini didedikasikan secara eksklusif untuk menerima kapal-kapal pesiar dari luar Vietnam. Berlokasi di Bai Chay, pelabuhan ini sanggup menampung dua kapal pesiar di waktu bersamaan, dengan total penumpang mencapai 8.460 orang (termasuk kru).