Balikpapan Siapkan Pesta Sambut Gerhana Matahari

January 19th, 2016 / / Comments Off on Balikpapan Siapkan Pesta Sambut Gerhana Matahari
Posted in Newsflash

 

Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan, Kalimantan Timur akan memanfaatkan fenomena alam gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 yang melewati kota ini dengan pesta wisata.

“Pesta menyambut GMT tidak jauh dengan perayaan HUT Kota Balikpapan pada 10 Februari 2016. Kami telah menyiapkan pesta meriah yang terbagi di dua titik lokasi,” kata Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan, Oemy Facesly di Balikpapan, Senin (18/1/2016).
“Dua lokasi tempat penyelenggaraan fenomena GMT di antaranya Pantai Manggar dan Lapangan Merdeka,” sambungnya

Oemy juga memaparkan fenomena langka tersebut akan dijadikan momen untuk menarik wisatawan serta mempromosikan pariwisata di Balikpapan.

“Untuk di Pantai Manggar kami akan adakan pesta laut, sedangkan di Lapangan Merdeka kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk pengerahan siswa pelajar sekalian di sana belajar Astronomi,” kata Oemy.

Selain itu, akan dilaksanakan juga bazar, festival kuliner dan pertunjukan hiburan di Lapangan Merdeka. Ini kesempatan bagus untuk menarik wisatawan dan mempromosikan pariwisata Balikpapan.

GMT pernah terjadi di Indonesia pada 11 Juni 1983. Kali ini GMT akan melintasi beberapa daerah termasuk Balikpapan. Tepat pada 9 Maret 2016, sejumlah kota yang akan dilintasi oleh GMT adalah Palembang, Belitung, Bangka, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera.

 

Sumber: travel.kompas.com