ANA Siap Kurangi Pemakaian Plastik dalam Operasionalnya

November 14th, 2019 / / Comments Off on ANA Siap Kurangi Pemakaian Plastik dalam Operasionalnya
Posted in Newsflash

Maskapai Jepang, ANA (All Nippon Airways) akan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai di kabin dan lounge, menggantinya dengan bahan-bahan ramah lingkungan mulai Februari 2020. Saat ini ANA menggunakan stik pengaduk minuman yang terbuat dari polypropylene yang nantinya akan diganti dengan yang berbahan kayu dan disertifikasi Forest Stewardship Council (FSC)-sebuah organisasi nirlaba internasional yang bertanggung jawab sebagai manajemen hutan-hutan di dunia.

Mulai Maret 2020, alat makan yang digunakan penumpang kelas Ekonomi, yang terbuat dari polystyrene juga akan diganti menjadi berbahan kayu, yang disertifikasi oleh FSC. Sedotan plastik pun akan digantikan dengan sedotan bermaterial bioplastik atau kertas, yang mulai diterapkan April 2020.

Laporan ANA dalam operasional di kabin dan lounge menunjukkan penggunaan stik pengaduk minuman mencapai 10,5 juta, 1,8 juta set untuk alat makan, dan empat juta untuk sedotan plastik. Selain melakukan pengurangan material tidak ramah lingkungan, ANA juga bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi asal Amerika, Lanza Tech untuk mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan secara efektif.